5 Daerah Siap Dilantik, 3 Menunggu

bandungekspres.co.id– Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat Yayat Hidayat mengungkap, berdasar hasil pemilihan kepala daerah, ada lima wilayah yang telah mengumumkan pemenang hasil pilkada serentak yang dilakukan pada 9 Desember 2015 lalu.

Kelima daerah tersebut adalah Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Karawang, dan Kota Depok. Sementara, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Indramayu sedang dalam proses gugatan di Mahkamah Konstitusi.

’’Nah atas dasar tersebut kemungkinan pelantikan kepala daerah akan dijadikan dua gelombang,”jelas Yayat di Kompleks DPRD Jabar saat memberikan laporan kepada Komisi I kemarin.

Pelantikan akan segera dilakukan pada bulan Januari ini, namun kapan kepastiannya, Yayat belum bisa memberikan jadwal resminya. Pasalnya, belum ada keputusan resmi dari Kementerian Dalam Negeri.

Sementara untuk tiga kabupaten yang sedang alami gugatan lawan politiknya, keputusan akan keluar setelah proses sidang gugatan di MK. ’’Ya, kita tunggu saja, karena saya tidak bisa memberikan kepastian karena bukan kewenangan KPU,” cetus Yayat.

Untuk tingkat partisipasi secara umum di delapan kabupaten/kota mengalami penurunan sebesar lima persen dari semula sebesar 68 persen menjadi 63 persen. Namun demikian, kenaikan juga terjadi pada beberapa daerah seperti Kabupaten Pangandaran dengan tingkat partisipasi sebesar 78 persen dan Kota Depok sebesar 56 persen.

’’Kabupaten lainnya malah turun antara 3 sampai 5 persen dan ini harus kita evaluasi agar tingkat partisipasi meningkat,” pungkas Yayat. (yan/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan