375 Warga Mengidap HIV/AIDS

bandungekspres.co.id, SUMEDANG – Sedikitnya 375 warga Kabupaten Sumedang tercatat mengidap penyakit HIV/AIDS. Menurut catatan Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Sumedang, dari ratusan penderita itu, 201 orang di antaranya dilaporkan sudah meninggal akibat serangan virus mematikan tersebut.

”Sekitar 201 orang penderita meninggal akibat terkena penyakit itu. Sisanya, sekitar 90 orang masih proses pengobatak di klinik teratai. Sementara sisanya tercecer ke tempat pengobatan lain,” ujar Wakil Ketua KPA dr Hilman Taufik saat dikonfirmasi, kemarin.

Dia mengatakan, wilayah Sumedang merupakan salah satu daerah yang berpotensi terhadap penyebaran HIV/AIDS.  Untuk itu, pihaknya bersama anggota KPA akan terus berupaya untuk mensosialisasikan ancaman dan bahaya HIV/AIDS kepada seluruh lapisan masyarakat.

”Sumedang menjadi salah satu tempat yang sangat berpotensi tumbuh pesatnya penyebaran virus ini. Makanya kita berupaya semaksimal mungkin agar bisa ditekan penyebarannya,” katanya.

Sementara itu, Bupati Sumedang Eka Setiawan mengaku, sangat mendukung penuh upaya keras yang dilakukan pihak KPA dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.

”Saya sangat mendukung penuh setiap program KPA. Saya harap, KPA dan juga seluruh lapisan masyarakat Sumedang bisa bersama-sama turut mencegah dan mengurangi potensi HIV/AIDS,” ujarnya. (her/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan