2017, Masjid Terapung Dibangun

bandungekspres.co.id,  BANDUNG – Konstruksi pembangunan Masjid Al-Jabbar rencananya akan dimulai pada awal 2017 mendatang. Pembiayaan pembangunan masjid terapung ini, diajukan menggunakan sistem sistem tahun jamak.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyebutkan, sistem tahun jamak dalam sebuah proyek infrastruktur tidak membuang waktu untuk proses tender. ”Tahun jamak itu dianggarkan tidak dalam satu tahun anggaran. Jadi tender ya sekaligus tahun 2016. Tapi ketika tahun 2017 tidak tender lagi tapi langsung kerja. Lebih efektif,” kata Heryawan, kemarin (6/12).

Dengan sistem tahun jamak yang tengah diajukan ke DPRD, memang lebih cocok untuk sebuah proyek yang memakan waktu lebih dari satu tahun. Sehingga ketika tahun anggaran habis berganti tahun, tidak perlu ada lagi proses lelang.

”Kemudian ketika tahun 2018 tinggal nambah anggaran jadi tidak tender lagi,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Aher tersebut menerangkan, aturan proyek kontrak tahun jamak saat ini sudah lebih mudah. Tidak perlu lagi menggunakan peraturan daerah (perda). Melainkan hanya persetujuan dari DPRD.

Pembebasan lahan dari proyek yang sejatinya dimulai 2016 ini, diakuinya sudah selesai. Sehingga, pada 2017 sudah bisa mulai dibangun konstruksinya.

Sementara itu, pembebasan lahan untuk danaunya akan dilakukan pada 2017 mendatang. Langkah tersebut diakuinya agak terlambat. Namun lebih baik daripada tidak sama sekali. ”Kalau sudah terlambat begini harus dikejar kan salah satunya dengan tahun jamak itu,” tuturnya.

Aher yakin, dengan kontrak tahun jamak pembangunan bisa dikejar. Diharapkan proyek masjid terbesar di Jawa Barat ini akan rampung pada pertengahan 2018.

Sementara itu, Kepala Dinas Permukiman dan Perumahan Bambang Irianto mengaku, belum ada kesepakatan terkait sistem tahun jamak. Namum, Bambang menyebutkan, anggaran yang disiapkam untuk pembangunan Masjid Al-Jabbar sebesar Rp 600 miliar.

”Kalau total pembangunan mesjid itu 600 miliar. Saya belum tahu keputusan akhirnya tahun jamak itu apa sampai akhir Desember 2018 atau bulan Juni 2018. Itu akan disesuaikan dengan waktu yang disepakati dengan dewan,” tutur Bambang.

Menurutnya pembangunan akan diusahakan rampung masih dalam pemerintahan Aher. Sehingga diharapkan sebelum masa jabatannya habis, Masjid Al-Jabbar secara fungsional sudah bisa digunakan. (yan/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan