Wujudkan Kabupaten Bandung Sehat dengan Manfaatkan Potensi Kecamatan

[tie_list type=”minus”]Siap Melaju ke Tingkat Nasional[/tie_list]

SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung menyatakan kesiapannya untuk mengikuti Lomba Kabupaten Sehat Tingkat Nasional Tahun 2015. Lokasi kegiatan di beberapa kecamatan, sudah disiapkan untuk diverifikasi pemerintah pusat yang akan dilakukan pada 9 September 2015 mendatang di Soreang.

’’Kita sudah berusaha semaksimal mungkin melakukan pemantauan dan pembinaan di lapangan. Mengecek semua persiapan di Forum Kabupaten Bandung sehat tingkat kecamatan dan desa,’’ ungkap Ketua Forum Kabupaten Bandung Sehat (FKBS) Kurnia Agustina Dadang M Naser disela-sela Rapat Persiapan Verifikasi Kabupaten Bandung Sehat Tingkat Nasional yang berlangsung di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung-Soreang kemarin (14/8).

Kurnia Agustina menjelaskan, sejauh ini forum kecamatan dan desa sehat sangat aktif menyampaikan laporan. ’’Bahkan, mereka secara intensif melakukan sosialisasi kepada masyarakat termasuk anak-anak, misalnya melakukan hal-hal yang paling sederhana seperti bagaimana cara mendaur ulang sampah,’’ terang Kurnia.

Sebelumnya, Kabupaten Bandung pernah meraih penghargaan tersebut pada 2007 dan penghargaan WIWERDA (pembinaan) yang terdiri dari 4 tatanan pada 2009. Tatanan merupakan sasaran kegiatan Program Kabupaten Sehat yang sesuai dengan potensi dan permasalahan pada masing-masing kecamatan.

Pada 2015 ini, Kurnia mengungkapkan pihaknya akan mengikuti verifikasi dalam rangka memperoleh penghargaan PADAPA (Pemantapan) dengan mengajukan 2 (dua) tatanan wajib, yakni tatanan kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum serta tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri. ’’Jika kita berhasil, maka kegiatan Forum Kabupaten Sehat akan kita bina secara berkelanjutan, untuk meraih penghargaan yang lebih tinggi tatanannya seperti WIWERDA atau bahkan mungkin WISTARA,’’ ungkap Nia, sapaan akrab istri Bupati Bandung ini.

Nia menjelaskan, beberapa lokasi yang sudah mendapat pembinaan dan diajukan untuk sasaran penilaian sesuai kategori dua tatanan tersebut. Untuk kategori pemukiman sehat, memilih lokasi di Desa Jatiendah Kecamatan Cilengkrang. ’’Sedangkan untuk kategori sekolah sehat, Sekolah Dasar Al-Amanah Cileunyi dinilai layak untuk diikutsertakan. Sementara untuk kategori rumah makan sehat, RM Ponyo Cileunyi, lokasi pasar sehat di TKI Margahayu, Bank Sampah dan Posyandu Model di Desa Jatiendah Kecamatan Cilengkrang serta kategori sungai sehat di Kecamatan Katapang,’’ tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan