Wow! Little Bandung Akan Hadir di Paris

Oleh-oleh Emil setelah Sepekan Berada di Perancis

BANDUNG WETAN – Pekan lalu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berangkat ke Perancis. Keberangkatannya bukan untuk berwisata. Melainkan menjalin kerja sama untuk membuat “Little Bandung” di Paris. Tepatnya, di Jalan Rue Montmarte.

Hal ini terlihat dari update di akun Instagram pribadinya @ridwankamil. ’’Alhamdulillah, berhasil deal untuk lokasi ‘Little Bandung’ di Paris, di Jalan Rue Montmarte, kolaborasi dengan Cafe Djawa. Untuk jualan produk kreatif Bandung. *feeling excited,” tulis Emil, Selasa (29/9) malam.

Selain itu, Emil melakukan pembahasan dengan sejumlah pebisnis asal Perancis terkait program Public Private Partnership (PPP). pihaknya juga berhasil memikat enam investor untuk membantu Kota Bandung membangun cable car.

Namun ternyata, tak hanya persoalan kerjasama yang dia bawa ke sana. Emil mengaku diminta oleh pihak Kementerian Luar Negeri untuk memperbaiki dan menjaga hubungan baik antara Indonesia dan Perancis. Pasalnya, keakraban Indonesia dan Perancis sempat renggang pasca pelaksanaan hukuman mati terhadap bandar narkoba asal Perancis, Serge Areski Atlaoui.

’’Kemenlu meminta saya untuk melobi-lobi biar lebih akrab dan hubungannya lebih baik, setelah sempat ada hubungan yang kurang baik gara-gara kasus narkoba itu,’’ kata Emil di Bandung, Kamis (1/10) lalu.

Menurut Emil, upaya kerja sama yang dilakukan Pemerintah Kota Bandung dan Perancis sudah terbilang harmonis. Bahkan, kedatangannya ke Paris merupakan undangan dari pihak kedutaan Perancis di Indonesia yang sempat berkunjung ke Bandung.

Sebagai wali kota, tentunya dia menyambut baik. ’’Karena Perancis waktu itu datang ke kita kan, saya diundang untuk jadi pembicara di sana. Ke depan mungkin bisa juga ada kerja sama sister city,’’ ungkap dia. (kmp/bbs/tam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan