Meski Tipis, Bandung Juga Terdampak Kabut Asap

[tie_list type=”minus”]Pesawat Delay, Ribuan Penumpang Sempat Terlantar[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Warga Kota Bandung kemarin mendadak panik. Sebab, matahari nyaris tidak terlihat karena tertutup kabut.

Penerbangan Ditunda Akibat Kabut Tebal
Penerbangan Ditunda Akibat Kabut Tebal

Warga menduga, kabut tersebut merupakan asap kiriman dari kebakaran yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan. Terlebih, adanya kabut tersebut jarak pandang menjadi terbatas.

Tidak hanya berdampak pada pengendara roda dua dan roda empat, kemarin sebanyak tujuh penerbangan pun terpaksa delay selama kurang lebih 3 jam.

Humas PT Angkasa Pura II Bandung Mabruri J Wahyudin menegaskan, delay penerbangan dipengaruhi jarak pandang yang terbatas.

”Sejumlah Jadwal Penerbangan dari dan ke Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung sempat terganggu tapi pada siang tadi sudah normal kembali,”jelas Mabruri ketika dihubungi Bandung Ekspres kemarin (23/10).

Dia menuturkan, delay-nya Delainya penerbangan pesawat lantaran kabut pekat di langit Bandung. Jarak pandang hanya 3.000 meter. ”Padahal normalnya 3.900 meter,” singkatnya.

Dia mengatakan, ada tujuh pesawat yang mengalami keterlambatan datang dan berangkat di Bandara Husain Sastranegara pada jam 08.00-12.00. Di antaranya Air Asia QZ 361 tujuan Singapura, Citilink QG 897 tujuan Ampenan, Lion Air JT951 tujuan Semarang, Air Asia QZ173 tujuan Kuala Lumpur, Wings Air IW 1812 tujuan Yogyakarta, Kalstar KD934 dan Air Asia tujuan Denpasar.

Dia menilai, keberadaan kabut tebal memang jarang terjadi. Dia juga belum bisa memastikan, penyebab adanya kabut tersebut. ”Tapi biasanya itu dikarenakan polutan atau kiriman kabut asap,” kata dia.

”Saya enggak tahu pasti sebenarnya kalau soal itu. Bisa tanya ke pihak berkompeten,” tambahnya.

Dia mengakui, akibat kabut ini seluruh penumpang terlantar di Bandara Husein Sastranegara Bandung dengan waktu sampai tiga jam. Namun pihak maskapai memberi kompensasi berupa makan sambil menunggu pesawat terbang.

”Penangguhan penerbangan ini terpaksa kami lakukan demi keselamatan penerbangan dan atas ketidaknyamanan kami mohon maaf,” tandasnya.

Oded Tak Jadi Berangkat

Dari pantauan Bandung Ekspres, ribuan calon penumpang memadati ruang tunggu bandara. Calon penumpang terpaksa menunggu, bahkan di antaranya Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial membatalkan perjalanannya. ”Saya akan ke Solo menghadiri acara pembukaan pameran kota Kreatif yang diresmikan Presiden Joko Widodo. Namun karena delay, saya membatalkannya. Sebab, jika ke sana pun acaranya sudah selesai,” ujar Oded kemarin.

Tinggalkan Balasan