Waspada ISPA dan Diare

SOREANG – Musim kemarau yang panjang tidak hanya berdampak pada kurangnya ketersediaan air, tetapi juga bisa menurunkan daya tahan tubuh.

ISPA.
Istimewa

ANTISIPASI: Pemakaian masker disarankan untuk mengurangi penyakit ISPA.

Dengan berkurangnya sumber air bersih, membuat lingkungan menjadi semakin tidak sehat. Selain itu,musim kemarau mengakibatkan kualitas udara menurun dan mempengaruhi kesehatan manusia. Masalah kesehatan yang sering terjadi adalah terinfeksinya orang-orang dengan bakteri pneumonia dan terserang masalah pernafasan.

Biasanya, pada musim kemarau orang berpikir untuk mengurangi mengkonsumsi air karena minimnya persediaan air. Mereka juga jadi jarang mencuci tangan mereka dengan alasan kegiatan ini menghabiskan banyak air. Padahal dengan tidak melakukan kebiasaan mencuci tangan, orang-orang justru akan lebih mudah terjangkit virus yang menyerang saluran pernafasan dan pencernaan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Achmad Kustidjadi, pada musim kemarau panjang ini penyakit infeksi saluran pernafasan (ISPA) dan dan diare menjadi ancaman tertinggi. ’’Termasuk DBD juga. Jadi masyarakat harus ekstra hati-hati di musim kemarau seperi ini, karena penyebaran bakteri, virus dan jenis penyebab penyakit lainnya mudah tersebar oleh angin,’’ katanya.

Achmad juga menyampaikan bahwa pihaknya juga bersiap melakukan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat. Menurutnya, langkah antisipasi lebih penting dibanding mengobati setelah sakit. ’’Musim kering itu kan populasi bakteri lebih meningkat. Apalagi akses air bersih lebih sulit. Maka masyarakat harus paham bagaimana menjaga kesehatan dalam kondisi seperti ini,’’ tambah dia.

Dia menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kesehatan dirinya dengan cara paling sederhana untuk menghindari beragam penyakit itu, dengan mencuci tangan sebelum dan setelah beraktifitas dan selalu mengenakan masker terutama ketika keluar rumah. ’’Misalnya cuci tangan kalau mau beraktifitas ataupun sesudahnya. Selain itu kalau bepergian hendaknya pakai masker untuk menghindari debu agar tidak terhisap,’’ pungkasnya.(mg15/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan