Van Gaal Ingin De Gea Tidak Pergi

KESUNGGUHAN Manchester United mempertahankan penjaga gawangnya, David De Gea dari godaan Real Madrid mencuat juga. Setelah beberapa kali tidak mau memberikan komentar atas rumor hengkangnya De Gea ke Real, pelatih United Louis van Gaal mulai angkat bicara.

David De Gea
David De Gea

Dengan tegas, The Iron Tulip –julukan Van Gaal—menginginkan penjaga gawang yang berusia 24 tahun tersebut tetap berada di Old Trafford musim 2015-2016 ini. Setidaknya sampai durasi kontraknya bersama United rampung pada bursa transfer musim panas di tahun depan.

Keinginan itu diungkapkan Van Gaal setelah timnya memenangi pertandingan pramusim di ajang International Champions Cup (ICC) 2015, yang digelar di Levi’s Stadium, Santa Clara, California, Minggu dini hari kemarin (26/7). Walaupun, dalam laga itu, hanya 64 menit diberikan Van Gaal.

Kualitas De Gea yang sepanjang Premier League musim 2014-2015 lalu mencatat 11 kali cleansheets itu tidak hilang. Buktinya, selama 64 menit, tidak satu pun tendangan Andres Iniesta dkk yang mampu menjebol gawangnya. ’’Walaupun semua bisa terjadi di sepak bola, saya tentunya berharap dia tetap bertahan di sini,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari situs Express.

Dalam 64 menit bermain, khususnya sepanjang 45 menit babak pertama, lebih dari lima kali De Gea harus berjibaku mengamankan peluang demi peluang yang coba dihadirkan para penggawa Barca. Dua kali upaya Sergi Roberto untuk menciptakan perbedaan pada laga itu bisa dihadang.

Van Gaal pun menyebut terjadinya gol pertama pada delapan menit babak pertama tidak terlepas dari upaya yang dilakukan De Gea. ”Khususnya untuk peluang pertama yang didapatkan Barca (Roberto, pada menit ke-5, Red). Begitu bisa mementahkannya, pemain lainnya pun bisa yakin bahwa kami juga bisa mencetak gol, dan akhirnya itu bisa kami lakukan,” sebutnya.

De Gea digantikan penjaga gawang cadangan Samuel Johnstone, yang pada menit akhir kebobolan gol Rafinha. ”Kalian bisa lihat bagaimana penampilan De Gea sepanjang 60 menit pertama. Walaupun pernah cedera, dan belum berlatih dalam sepekan terakhir, dia bisa menunjukkan kualitasnya di laga ini,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan