UPTD Kelabakan Siram Taman

[tie_list type=”minus”]Kemarau Rawan Hama dan Parasit[/tie_list]

SOREANG – UPTD Pertamanan dan Pemakaman Dinas Perumahan, Tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Bandung mengaku kelabakan menyiram tanaman dan bunga di median jalan. Pasalnya, kemarau panjang akan membuat tanaman cepat mati, sehingga taman tak lagi hijau dan cantik.

’’Untuk menjaga kerusakan itu maka kami semakin getol menyiram tanaman dan sejumlah pohon yang tersebar di taman kota di sejumlah lokasi tersebar se-Kabupaten Bandung. Apalagi di musim kemarau panjang ini kami semakin giat melaksanakan penyiraman di taman kota. Dengan begitu, kami harus banyak melakukan upaya agar tanaman itu tidak kekeringan dan tetap sumbur,” kata Kepala TU UPTD Pertamanan dan Pemakamam Dispertasih Kabupaten Bandung Dicky Sudrajat di ruang kerjanya kemarin (24/8).

Selain sepanjang jalan protokol, pihaknya juga menyiram tanaman serta pepohonan di sejumlah wilayah, seperti taman kota Soreang, Kutawaringin, Banjaran, Majalaya , dan lainnya, selama dua hari sekali. ’’Jadwal rutin untuk menyiram pohon makanya dilakukan dua hari satu kali. Petugas juga merasa terbantu kalau musim hujan seperti yang turun beberapa hari lalu,” sahutnya.

Tanaman disiram agar menjadi hijau, indah juga bertahan hidup lebih lama. Karena nyaris seluruh petugas dikerahkan untuk menyirami tanaman tersebut. Kegiatan tersebut sebagai implementasi di lapangan moto ’Sabilulungan’ yang digelorakan bupati Bandung.

Dia meyakini, pemeliharaan itu tidak hanya dilakukan pemerintah saja, melainkan masyarakat dengan mencintai lingkungan dan tanaman.

Ujang dan Cecep, petugas UPTD Pertamanan dan Pemakamam, mengaku, sejumlah lokasi yang telah ditanami pepohonan yang baru harus secara terus menerus disiram. Pasalnya, di musim kemarau, selain dilakukan perawatan tanaman dari hama dan parasit. ’’Seperti yang kami lakukan di median jalan protokol, kami membutuhkan sejumlah air dan perawatan tanamannya. Pasalnya, tidak hanya menyiram saja melainkan juga merawatnya agar tidak rusak dan tetap terpelihara dengan baik,’’ pungkasnya. (gun/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan