Tiga Paslon Lolos Uji Kesehatan

MARGAHAYU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung, menyerahkan berkas hasil pemeriksaan kesehatan pasangan calon (paslon) bakal cabup-cawabup di Kantor KPU Kabupaten Bandung, Taman Kopo Indah, Margahayu kemarin (3/7).

Pilkada
VERAWATI/ SOREANG EKSPRES
HASIL MEDIS: Ketua KPU Kabupaten Bandung Atip Tartiana (kiri), menyerahkan berkas kepada balon wabup Agus Yasmin (dua kiri) kemarin (3/8).

Penyerahan berkas pemeriksaan tidak bisa diwakilkan. ’’Hal tersebut sesuai dengan amanat dari tim pemeriksa kesehatan yang ditunjuk oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI),’’ jelas Ketua KPU Kabupaten Bandung Atip Tartiana.

Dalam berkas yang diterima KPU, dinyatakan bahwa semua bakal cabup-cawabup telah memenuhi syarat dalam pemeriksaan kesehatan. ’’Kalau istilah IDI, semua paslon tidak memiliki disabilitas yang bisa mengganggu kinerja mereka untuk lima tahun kedepan,’’ ujarnya.

Hingga pukul 15.00 WIB, baru tiga bakal calon yang sudah menerima rekam medik tersebut. Yaki Agus Yasmin (bakal calon wakil bupati, pendamping Sofyan Yahya), Doni Mulyana Kurnia (bakal calon wakil bupati pendamping Deki Fajar), Deki Fajar (bakal calon bupati).

Tiga bakal calon lainnya yaitu Dadang M Naser (calon bupati), Gun Gun Gunawan (bakal calon wakil bupati), dan Sofyan Yahya (bakal calon bupati), belum menerima rekam medik karena tidak hadir ke kantor KPU Kabupaten Bandung. ’’Mereka saat ini berhalangan hadir, namun berkas tersebut bisa diambil kapan saja bila yang bersangkutan bisa datang ke sini,’’ terang Atip.

Selain penyerahan hasil test kesehatan, KPU juga menyerahkan berita acara hasil penelitian syarat calon dan syarat pencalonan. Atip meminta kepada semua bakal cabup-cawabup agar melengkapi syarat calon mulai 4-7 Agustus. Dokumen yang belum dilengkapi oleh calon kebanyakan adalah surat keterangan dari KPK. ’’Namun ini masih kita maklumi karena memang prosesnya lama. Selain itu, surat dari pengadilan juga ada beberapa yang belum lengkap. Namun untuk kekurangan seluruhnya saya belum memiliki rekapannya,’’ jelas Atip.

Soal hasil tes, seorang paslon Doni menegaskan, dirinya cukup sehat. Hal itu berkat olahraga rutin yang dilakukannya setiap minggu. ’’Setiap Minggu pagi saya olahraga, latihan pernafasan. Saya sejak dulu berlatih tenaga dalam. Nanti kalau saya jadi wakil bupati, akan saya latih olahraga semuanya,’’ ucap Doni. (mg15/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan