The Blues Menuju Degradasi

[tie_list type=”minus”]STOKE CITY 1-0 CHELSEA[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Gol semata wayang dari gelandang Stoke City, Marko Arnautovic, sudah cukup membuat Chelsea kembali berkubang kekalahan untuk ketiga kali secara beruntun di pentas Premier League. Tak pelak lagi, Jose Mourinho menjadi orang pertama yang mendapat sorotan. Kabarnya, nasib pelatih asal Portugal ini akan diputuskan dalam waktu kurang dari 48 jam.

Chelsea bertandang ke Britannia Stadium, dinihari kemarin, bermodal kemenangan 2-1 dari Dynamo Kiev di ajang Liga Champions. Dengan modal itu, John Terry dan kawan-kawan berharap bisa memperbaiki trend negatif mereka di Premier League. Tapi harapan tinggal harapan. The Blues yang bermain tanpa didampingi Jose Mourinho yang menerima sanksi dari FA, tak mampu membalas gol Arnautovic yang tercipta pada menit 53.

Itu menjadi kekalahan ketiga beruntun yang dialami Chelsea. Total, hingga matchday 12, The Blues sudah menelan tujuh kekalahan. Posisi mereka terjerumus ke peringkat 16 dengan mengoleksi 11 poin saja. Chelsea hanya unggul tiga poin dari AFC Bournemouth, tim penghuni zona degradasi.

Dengan kondisi seperti itu, kans Chelsea mempertahankan trofi Premier League musim ini semakin mustahil terwujud. Satu-satunya target yang paling realistis adalah berjuang untuk finish di zona empat besar demi merebut tiket Liga Champions. Tetapi, hal itu pun tak akan mudah diraih.

Sejarah membuktikan hanya satu tim yang mampu finish di zona enam besar setelah sebelumnya hanya mengoleksi 11 poin dari 12 pertandingan. Tim itu adalah Aston Villa pada musim 2003/2004. Chelsea akan kesulitan melampaui prestasi Aston Villa itu jika tidak melakukan perombakan besar-besaran pada jendela transfer musim dingin nanti.

Manajemen menyadari itu. Dan, isu yang beredar, agenda pertama yang akan dilakukan adalah memecat Mourinho dari kursi kepelatihan. Hal ini tampaknya tak lepas dari isu perpecahan di ruang ganti yang membagi skuad Chelsea menjadi dua kubu antara pihak yang pro dan kontra kepada Mourinho.

Pemecatan bahkan akan dilakukan secepatnya tanpa harus menunggu jendela transfer musim dingin. Sejumlah media Inggris melaporkan bahwa nasib Mou akan diputuskan dalam waktu kurang dari 48 jam. Nama-nama calon pengganti juga sudah bermunculan. Jika pekan lalu hanya ada Carlo Ancelotti, kini muncul Diego Simeone, pelatih yang masih menukangi Atletico Madrid.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan