Tertipu Ratusan Juta demi Jadi PNS

[tie_list type=”minus”]Kementerian PAN – RB Tegaskan Tahun Ini Tidak Ada Tes[/tie_list]

JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) berkali-kali mengumumkan bahwa tahun ini tidak ada tes CPNS baru. Namun, masih banyak warga yang kepincut iming-iming menjadi CPNS, bahkan merelakan ratusan juta rupiah sebagai pelicin.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemen PAN-RB Herman Suryatman menuturkan, pihaknya mengapresiasi aparat kepolisian dan pejabat Kantor Regional (Kanreg) III BKN yang berhasil membongkar praktik baru penipuan CPNS di Bandung. Ada sekitar 2.200 orang yang mendaftar dalam seleksi CPNS awu-awu tersebut. Bahkan, ratusan di antara mereka sudah menyetor hingga Rp 120 juta untuk bisa menjadi abdi negara.

Herman menuturkan, kejadian tersebut terungkap ketika peserta yang mendaftar CPNS bodong dikumpulkan panitia di hotel dekat kantor Kanreg III BKN di Bandung. Menjelang siang, ratusan peserta yang sudah berada di hotel memprotes karena tidak juga mendapat kepastian.

Mereka lantas melapor ke Kanreg III BKN yang tidak jauh dari lokasi kejadian penipuan. Kemudian, pegawai resmi BKN yang didampingi polisi mendatangi hotel tersebut. BKN memastikan bahwa pendaftaran CPNS baru yang berlabel jalur kebijakan formasi umum itu adalah palsu.

Sontak, dengan pengumuman BKN itu, peserta berteriak histeris. Ada pula yang menangis. ”Sebab, ada peserta yang malamnya menjual rumah seharga Rp 120 juta karena ingin menjadi CPNS. Padahal, dia ditipu,” tutur Herman. Dia mengungkapkan, mayoritas korban penipuan CPNS itu berasal dari Subang, Jawa Barat.

Herman berharap kejadian di Bandung tersebut tidak terulang di tempat lain. Dia menegaskan bahwa tahun ini pemerintah tidak membuka seleksi CPNS.

Beberapa waktu lalu, Herman juga mengamati sejumlah posting informasi berantai di media sosial. Informasi yang diumbar ke publik itu mengumumkan jadwal rangkaian seleksi CPNS di sejumlah instansi pemerintah pusat. Salah satunya Badan Narkotika Nasional (BNN). ”Saya tegaskan, informasi itu bodong,” ujarnya.

Dia sudah mengonfirmasi langsung kepada panitia seleksi (pansel) CPNS dan dipastikan tidak ada tes CPNS tahun ini. Herman berharap masyarakat yang mendapat informasi tes CPNS segera melapor ke Kementerian PAN-RB. (wan/c5/end/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan