Terbantu Gearbox Canggih

[tie_list type=”minus”]Marquez Tetap Bisa Tampil di Jerez[/tie_list]

Marc Marquez
ISTIMEWA

PULIH DARI CEDERA: Marc Marquez dipastikan bakal tampil di seri keempat GP Jerez akhir pekan ini.

JEREZ – Proses pemulihan cedera kelingking tangan kiri bintang Repsol Honda Marc Marquez dipastikan tidak akan banyak mengganggu performanya saat balapan. Rider 22 tahun itu berpeluang besar bakal tampil di seri keempat GP Jerez akhir pekan ini.

Teknologi perpindahan gigi percepatan canggih (seamless gearbox) yang mengeliminasi fungsi tuas kopeling sangat membantunya untuk bisa tetap membalap dan mengejar defisit poin.

’’Sedih sekali dia (Marquez) terluka. Untungnya, yang cedera adalah kelingking tangan kirinya. Di MotoGP fungsi tuas kopeling sudah tidak mendominasi lagi. (Tuas kopeling) hanya digunakan saat start balapan (masuk gigi 1), jadi ini akan membantunya karena tidak banyak tekanan pada cederanya,’’ papar Dr Xavier Mir dari Hospital Universitario Quiron Dexeus, Barcelona kepada MotoGP.com.

Mir tidak menjamin dalam balapan Jerez nanti kondisi Marquez akan 100 persen fit. Tapi dia percaya Marquez adalah pembalap yang selalu mendorong dirinya sendiri sampai batas maksimal. ’’Jadi aku yakin dia bisa melakukannya dengan baik,’’ tandasnya.

Mir, yang menjadi jujukan rider MotoGP kala cedera itu juga menjelaskan kronologi terjadinya kecelakaan. Menurutnya, Marquez jatuh saat berlatih dengan motor trail-nya Sabtu (25/4). Sejurus kemudian pembalap yang tepat berada di belakangnya menabrak tangan kirinya.

Akibatnya, tulang kelingking tangan kiri Marquez bergeser. Melihat posisi kelingkingnya berubah cukup ekstrem, juara bertahan MotoGP dua musim beruntun itu mencoba mengembalikannya ke posisi semula. ’’Tapi ketika dia mendengar suara gemerutuk yang agak keras di tulang jarinya, dia memutuskan untuk tidak menyentuhnya sama sekali. Setelah itu dia dilarikan ke rumah sakit,’’ tuturnya.

Sebagai tindakannya, Dr Mir menanamkan plat titanium untuk menstabilkan retakan. Perawatan dalam beberapa hari ke depan dilakukan untuk mereduksi peradangan. (cak/tam)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan