Terancam Kehilangan Salah Satu Atlet Renang Terbaik

bandungekspres.co.id– Livia Valiant Kostaman dikabarkan telah hijrah ke Kota Bandung. Perenang Kota Cirebon anggota tim Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) PON Jawa Barat itu memang sudah sejak bulan Juni tinggal di Bandung dan bergabung dengan klub renang asal Kota Bandung, Aquarius. Belakangan, Livia dikabarkan telah alih status dari atlet Kota Cirebon ke Kota Bandung.

Jika benar demikian, maka Kota Cirebon telah kehilangan salah satu atlet terbaiknya. Perenang 16 tahun itu adalah penyumbang tiga medali emas bagi kontingen Kota Cirebon di Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jabar XII/2014 Kabupaten Bekasi. Ketika itu, Livia meraih hat-trick setelah berhasil memborong tiga emas nomor 50 meter, 100 meter dan 200 meter gaya dada putri.

Ayahanda Livia, Ridwan Budiono Kostaman mengungkapkan, pada awalnya Livia memang hanya dititipkan di klub renang Aquarius Bandung Swimming Club untuk mendapatkan program latihan yang lebih intens. Namun, dengan status atlet titipan, Ridwan merasa tidak puas terhadap perlakukan para pelatih di sana.

Dengan status atlet titipan, kata Ridwan, perhatian pelatih tidak maksimal kepada Livia. Livia juga terkesan dikucilkan karena menyandang status atlet daerah. Menurut dia, hal itu membuat Livia kesulitan untuk berkembang. Padahal, putri kesayangannya itu tengah mempersiapkan diri menuju Pekan Olahraga nasional (PON ) XIX/2016.

”Kalau tidak bergabung dengan Aquarius, pelatih tidak akan sepenuh hati memberikan ilmunya pada Livia. Karena itu akan jadi boomerang saat pertandingan. Livia yang berlatih di Aquarius bisa berbalik mengalahkan perenang Aquarius,” tuturnya kepada Radar Cirebon (grup Bandung Ekspres) kemarin (30/11).

Ridwan mengaku sempat tidak rela melepas Livia ke Aquarius. Sebab, Livia telah menjadi ikon klub renang Union Kota Cirebon di mana Ridwan adalah ketuanya. ”Tapi saya tidak mau mempertahankan ego saya. Percuma nanti, masa sudah jauh-jauh ke Bandung tidak ada hasilnya. Makanya, saya masukan Livia ke Aquarius,” ujarnya.

”Karena sudah resmi bergabung dengan Aquarius, secara otomatis Livia berada dalam naungan PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia) Kota Bandung. Saya sudah koordinasikan ini dengan KONI dan PRSI Kota Cirebon,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan