Tekan Dampak Negatif Internet terhadap Anak

[tie_list type=”minus”]Gubernur: Orang Tua Perlu Tingkatkan Pengawasan [/tie_list]

COBLONG – Kemudahan mengakses internet baik melalui komputer maupun smartphone mengkhawatirkan bagi perkembangan anak. Pasalnya penggunaan internet tanpa disertai filter atau bimbingan orang tua akan berdampak buruk pada kejiwaan anak.

AMRI RACHMAN DZULFIKRI/BANDUNG EKSPRES KAMPANYE: Gubernur Jabar Ahmad Heryawan bersama Ketua P2TPPA Jabar Netty Heryawan membagikan selebaran internet sehat.
AMRI RACHMAN DZULFIKRI/BANDUNG EKSPRES
KAMPANYE: Gubernur Jabar Ahmad Heryawan bersama Ketua P2TPPA Jabar Netty Heryawan membagikan selebaran internet sehat.

Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TPPA) Jabar Netty Heryawan mengatakan, dampak internet selain memiliki manfaat juga bisa berpengaruh buruk. Terlebih di dalam internet banyak sekali memuat konten yang bersifat negatif.

Menurutnya, selain pornografi di internet juga banyak sekali game yang sebetulnya bukan diperuntukan kepada anak, namun kebanyakan anak sudah bisa memainkannya.

”Ini sangat buruk dan tidak bisa dibiarkan, untuk itu butuh peran orang tua dan lingkungan untuk melakukan pengawasan,” jelas Netty di sela peringatan Hari Anak Nasional di Car Free Day (CFD) Dago kemarin (26/7).

Dirinya menuturkan, saat ini kekerasan seksual terhadap anak mendominasi kasus-kasus yang ditangani pemerintah Pemprov Jabar melalui P2TPPA Jabar.

Dirinya menyebutkan, sampai dengan Juni 2015 ini, P2TPPA Jabar telah menangani 55 kasus kekerasan seksual pada anak. Dari jumlah tersebut, artinya kasus kekerasan saat ini sangat dominan.

”Ini juga baru satu lembaga dan untuk kasus lainnya bisa di cek pada lembaga lainnya,” kata dia.

Melihat kondisi ini, lanjut dia, pemerintah bersama masyarakat harus memiliki kewajiban untuk terus mengampanyekan kepada masyarakat agar mengampanyekan penggunaan internet oleh anak secara bijak.

Netty menilai, kasus seperti penjualan PSK di bawah umur juga memanfaatkan dari kemajuan teknologi yang sekarang sudah sangat bebas dan canggih.

Banyak dari beberapa kasus terjadi akibat dari pengaruh internet seperti penculikan, penjualan bayi, aborsi, traficking dan lainnya

”Inikan semua menimpa pada anak-anak dan kita sebagai orang tua jangan hanya bersiam diri saja,” kata dia.

Senada dengannya, Gubernur Jawa Barat Netty Heryawan mengatakan, membimbing dan mengawasi anak bukan saja memperhatikan perkembangan kesehatannya. Akan tetapi perkembangan physikologisnya juga harus diperhatikan setiap harinya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan