Sunderland Selamat Dari Degradasi

SUNDERLAND berhasil memaksakan hasil imbang 0-0 saat melawat ke kandang Arsenal guna melakoni laga tunda pekan ke-33 Liga Utama Inggris di Stadion Emirates, London, Kamis dini hari WIB.

Berkat tambahan satu poin tersebut kini Sunderland mengoleksi 38 poin dan berada di peringkat 15 klasemen sementara serta memastikan mereka terselamatkan dari ancaman degradasi.

Capaian tersebut menjadi pembuktian bagi Dick Advocaat, yang sejak 17 Maret 2015 lalu ditunjuk menggantikan Gustavo Poyet dan menjanjikan kepada para penggemar Sunderland ia menjamin bahwa tidak ada tim yang pernah mengalami degradasi saat ia nakhodai.

Perjuangan agar selamat dari degradasi kini menyisakan dua tim lagi yakni Newcastle United (36) yang berada di peringkat 17 dan Hull City (34) penghuni posisi 18, yang bakal menentukan satu tim menemani Burnley (30) dan Queens Park Rangers (30) yang sudah dipastikan musim depan berlaga di Divisi Championships.

Sementara bagi tim asuhan Arsene Wenger hasil ini membuat peluang mereka meraih tempat kedua klasemen sementara tertutup sudah, karena kini mereka hanya memiliki koleksi 72 poin terpaut empat angka dari Manchester City (76).

 Arsenal sepanjang laga menguasai sepenuhnya permainan bahkan mendominasi hampir 75 persen pengendalian bola, namun Sunderland yang hanya membutuhkan hasil imbang demi memastikan bertahan di Liga Utama Inggris memilih bermain dengan garis pertahanan yang sangat dalam.

Strategi tersebut memaksa para pemain Arsenal untuk melakukan tendangan-tendangan spekulasi dari luar kotak penalti sepanjang babak pertama, yang tak satupun cukup menebarkan ancaman serius terhadap gawang yang dikawal Costel Pantilimon.

Memasuki babak kedua, Sunderland justru sedikit lebih terbuka dan bahkan membuat pertahanan tuan rumah sempat kewalahan, termasuk memaksa penjaga gawang David Ospina melakukan penyelamatan atas tendangan sentuhan pertama penyerang pengganti Steven Fletcher pada menit 50.

Hasil seri memang telah memastikan Arsenal pada peringkat tiga klasemen dan satu tempat pada babak grup Liga Champions musim depan, namun hasil itu mengecewakan bagi Wenger yang timnya kelelahan setelah seri 1-1 melawan Manchester United pada Minggu.

”Kami tak bisa mencetak gol dan Sunderland bertahan sangat baik yang memang bisa dipahami karena mereka tahu mereka bisa aman malam tadi. Kami telah mencoba dan mencoba,” kata Wenger kepada Sky Sports.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan