Sumbang Point untuk Adipura

bandungekspres.co.id– Keberadaan Bank Sampah Induk Kota Cimahi (Bank Samici) ternyata mampu mendongkrak point bagi Kota Cimahi sehingga berhasil meraih penghargaan Anugerah Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

bank sampah
PELAYANAN: Direktur Bank Sampah Induk Cimahi Warso, sedang melihat berkas nasabah, di kantornya, kemarin.

Direktur Bank Samici Warso mengatakan, untuk mendapatkan penghargaan Adipura tersebut keberadaan Bank Sampah menjadi penting selain Komposting, dan TPA.” Bank sampah merupakan salah satu satu titik pantau dari penilaian dalam raihan Penghargaan Adipura pemerintah sangat medorong agar keberadaan bank sampah ada di Kabupaten kota. Alhamdulillah keberadaan bank Samici ini mendapatkan respon positif dari warga kota dan membuat masyarakat sadar untuk memilah sampah,” katanya, Rabu (25/11) kemarin.

Dengan keberadaan Bank Sampah tersebut, saat ini banyak warga Kota cimahi yang tergerak untuk melakukan pemilahan sampah, karena mereka tahu jika hal itu selain mengurangi volume sampah, juga mendapatkan nilai ekonomis dari tabungan sampah yang mereka pilah. ”Dulu kita melakukan sosialisasi tentang pemilahan sampah tersebut, tetapi saat itu sarana pendukungnya belum tersedia, dengan adanya Bank sampah maka warga kota makin menyadari pentingnya memilah sampah, karena ada nilai rupiah yang mereka dapatkan.

Setelah setahun berdiri, Bank Samici kini sudah berkembang sehingga mempunyai 66 unit Bank Sampah yang tersebar di setiap kelurahan, sekolah atau instansi pemerintahan. Kondisi ini mengalami kenaikan 21 dari sebelumnya 45 unit, dengan anggota perunitnya 30 nasabah bank sampah. ”Kenaikan unit Bank Sampah di cimahi ini merupakan dampak dari launching Gerakan IBU SABAR ( Seribu Nasabah Bank Sampah Baru) yang di adakan di Pendopo DPRD kota Cimahi beberapa waktu lalu. Bahkan kini bank samici mampu menampung 21 sampai 25 ton sampah yang telah dipilah, atau kalau di uangkan perputarannya mencapai Rp. 25 Juta sampai Rp/ 30 juta perminggunya,” katanya. ”Dan Alhamdulillah disamping bank Samici mampu mendongkrak point dalam perolehan panghargaan Adipura juga dilihat dari antusiasnya masyarakat untuk menjadi nasabah, karena hal itu, Ibu Wali Kota merespon baik keberadaan Bank Samici, bahkan beberapa waktu lalu sudah memberikan surat edaran ke seluruh SKPD dan sekolah-sekolah dengan mewajibkan dibentuknya Bank Sampah ditempatnya masing-masing. Atas prestasi itu, dalam waktu dekat Bank Samici akan memperoleh penghargaan dari Gubernur Jawa Barat,” sebutnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan