Stone Garden Dipenuhi Pengunjung

[tie_list type=”minus”]Warga Manfaatkan Liburan ke Objek Wisata Murah [/tie_list]

CIPATAT – Selama libur lebaran, objek wisata Stone Garden di Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat, Bandung Barat dipenuhi wisatawan lokal. Kunjungan wiasatan asal Bandung Barat meningkat mencapai 50 persen. Sedangkan kunjungan wisatawan luar kabupaten Bandung Barat meningkat sekitar 30 persen.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Bandung Barat Sukmayadi Suwerna mengatakan, minimnya wisatawan luar Bandung Barat tersebut dikarena Stone Garden masih belum diketahui oleh banyak orang. Di Bandung Barat sendiri yang masih banyak yang belum mengetahui Stone Garden.

Diakui olehnya, sosialisasi Stone Garden sudah banyak tersebar di Internet. Terutama di sosial media. Kebanyakan sosialisasi dilakukan oleh para pengunjung yang sudah berkunjung ke Stone Garden. Selain itu, usia Stone Garden sendiri masih belum satu tahun. Sehingga, dirinya mewajarkan pengunjung masih belum banyak dari luar Bandung Barat. Bahkan pada libur lebaran tahun lalu, pengunjung masih belum bisa menikmati wisata batu tersebut.

”Untuk kenaikan pengunjung sudah terjadi pada hari Senin (20/7) lalu. Pada Senin, terdapat 1.600 lebih pengujung. Sementara total pengujung pada hari Lebaran hingga Selasa (21/07) mencapai lebih 8.000 orang,” ucap Sukma kepada Bandung Ekspres belum lama ini.

Jika dibandingkan pada hari-hari biasa, pengunjung hanya mencapai 200 orang. Sementara pada akhir pekan hanya mencapai 600 orang. Tiket masuk Stone Garden hanya Rp 3 ribu per orang. Sementara, retribusi parkir Rp 5 ribu per mobil dan Rp 3 ribu per motor.

Menurut dia, pemasukan ke kas pengelola menjadi meningkat. Dia mengaku berhasil meraup Rp 4,8 juta per hari selama libur Lebaran. Nilai ini jauh lebih besar ketimbang hari biasa yang hanya mencapai Rp 1,8 juta per hari.

”Keuntungan yang didapat pada libur lebaran kali ini akan dipakai untuk memperbaiki fasilitas-fasilitas yang kurang di Stone Garden,” ucapnya. Dia menambahkan, fasilitas masih banyak kekurangan. Fasilitas yang masih dirasakan kurang di antaraya tempat sampah, WC dan Mushala.

Di tempat yang sama, salah seorang pengunjung Muhammad, 21, mengaku sudah kedua kalinya berkunjung ke Stone Garden. Ada banyak fasilitas yang sudah tersedia di sana. ”Fasilitas yang ada masih memang sudah cukup baik. Tetapi, masih belum maksimal,” ucapnya. dia menambahkan, saat ini di Stone Garden sudah ada penanda pintu gerbang memasuki lokasi wisata tersebut. (mg5/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan