SPBU Jalur Pantura Habis Semua

Di Eceran, Bensin Tembus Rp 15 Ribu

PROBOLINGGO – Kebijakan pemerintah untuk menurunkan harga BBM rupanya berdampak pada ketersediaan premium di SPBU. Bahkan, kemarin hampir seluruh SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) sepanjang Jalur Pantura Probolinggo–Paiton tidak bisa melayani konsumen karena kehabisan stok.

BBM Langka
TUTUP: Salah satu SPBU di Jalan Raya Rejoso yang kehabisan stok BBM.

Berdasar pantauan Jawa Pos Radar Bromo (Group Bandung Ekspres), di antara beberapa SPBU di Jalur Pantura Probolinggo–Paiton, hanya satu SPBU yang masih melayani konsumen. Yakni, SPBU Curahsawo, Kecamatan Gending. Itu pun yang tersedia hanya BBM pertamax. Akibatnya, antrean kendaraan terlihat memanjang.

Dari Gending ke Paiton, semua SPBU sepakat memasang tulisan HABIS. Dengan demikian, semua pengendara yang mampir ke SPBU itu langsung balik kucing. ’’Susah Mas kalau kayak begini. Meski harga bensin turun, barangnya tidak ada. Ya percuma saja harganya turun,’’ kata Gani, warga Kraksaan yang kecewa karena tidak mendapatkan bensin.

Di Kota Probolinggo, kondisinya sama. Beberapa SPBU di wilayah tersebut juga kehabisan stok. Di Raya Pilang atau Jalan Soekarno Hatta, Jalan Mastrip, dan jalan raya Bromo pun kehabisan BBM.

Ironisnya, saat stok bensin di sejumlah SPBU habis, di tingkat eceran, BBM jenis bensin justru mudah dijumpai. Meski begitu, harganya kelewat mahal. Mulyo, salah seorang pengendara motor, bahkan harus mengeluarkan Rp 15 ribu untuk membayar satu liter bensin yang dibelinya. ’’Di semua SPBU habis. Daripada motor ndak bisa nyala, ya sudah saya bayar,’’ ujarnya. Dia pun kemarin membeli dua liter bensin eceran. Dengan begitu, dia membayar Rp 30 ribu.

Sementara itu, dari Pasuruan, setidaknya ada empat SPBU yang kemarin terpantau kehabisan stok BBM. Antara lain, SPBU di jalan raya Rejoso dan jalan raya Ngopak. Dua SPBU lainnya berada di jalan kabupaten. Yakni, di Kecamatan Winongan dan di Desa Kedawung, Kecamatan Grati.

Eko Wahyudi, operator SPBU di jalan raya Rejoso, menyatakan bahwa stok bensin di SPBU tersebut habis sekitar pukul 11.00. Sebelumnya, sempat ada antrean panjang kendaraan. ’’Tadi sebelum stok habis, banyak motor dan mobil yang antre,’’ ungkapnya kepada koran ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan