Sosialisasikan Manfaat Koperasi

CIMAHI – Bidang Koperasi Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian, Perdagangan dan Pertanian(Diskopindagtan) Kota Cimahi melakukan sosialisasi manfaat koperasi kepada puluhan warga di Kelurahan Cibeber dan Kelurahan Leuwigajah, kemarin (1/2). Sosialisasi yang digelar di Kantor Koperasi Garuda Berkah Gemilang, Jalan Ibu Ganirah No 20 RT 2/ RW 3, Cimahi Selatan itu, disambut antusias warga.

UMKM
EKONOMI KERAKYATAN:
Diskopindagtan Kota Cimahi terus
melakukan sosialisasi terkait pentingnya keberadaan koperasi
di lingkungan masyarakat. Hal ini
seperti dilakukannya di Kelurahan Cibeber dan Leuwigajah.

Kepala Seksi (Kasie) Koperasi Diskopindagtan Cepi Rustiwan mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan sekaligus dalam rangka rapat dan pembentukan koperasi Garuda Berkah Gemilang. ”Di sini kami berkewajiban menyosialisasikan manfaat berkoperasi, karena masyarakat saat mau berkoperasi harus tahu dulu manfaatnya sesuai UUD 25 Tahun 1992,” kata Cepi kepada wartawan usai acara sosialisasi, kemarin.

Dalam sosialisasi ini, materi yang disampaikan antara lain cara pembentukan koperasi, tujuan dan manfaat dalam berkoperasi. ”Alhamdulillah setelah sosialisasi akhirnya koperasi ini langsung terbentuk,” ucapnya.

Dia menambahkan, dengan terbentuknya koperasi ini, langkah-langkah selanjutnya yang harus dilakukan tinggal mengajukan badan hukum. ”Kami pun memberi tahu informasi cara dan sebagainya untuk pengajuan badan hukum. Karena, pengendalian pengelolaan dalam ekonomi kerakyatan, tentu koperasi,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat kebanyakan hanya mengetahui koperasi untuk sebatas pinjam saja. Oleh karena itu kata dia, dengan sosialisasi yang diberikan, dijelaskan pula hak dan kewajiban sebagai anggota koperasi. Sebab, harus ada kepedulian penuh dari anggota terhadap koperasi.

”Itu yang harus dikuatkan di masyarakat, bahwa masyarakat menyimpan di koperasi itu adalah investasi untuk pengembangan usaha mereka di dalam koperasinya,” terangnya.

Pihaknya pun saat ini terus aktif mengunjungi koperasi-koperasi yang ada di Cimahi untuk mendorong setiap koperasi agar segera melakukan rapat anggota tahunan (RAT). ”Di Cimahi ada 300 koperasi, tapi yang aktif 230. Untuk RAT ini jadi satu kewajiban pengurus untuk penyampaikan pertanggungjawaban dalam pengelolaan keuangan anggota kepada anggotanya,” jelasnya.

Sementara itu, anggota Komisi III DPRD Barkah Setiawan yang juga menjadi Pembina Koperasi Garuda Berkah Gemilang mengatakan, dibentuknya koperasi ini untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan berbasis koperasi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan