Siap Jadi Pusat Kebudayaan Jabar

SOREANG – Bupati Bandung Dadang M Naser menginginkan Kabupaten Bandung jadi pusat kebudayaan di Jawa Barat. Dia menilai, wilayah berpenduduk 3,5 juta jiwa itu memiliki potensi yang luar biasa dalam hal budaya.

Hal tersebut dibuktikan dengan dengan digelarnya Gebyar Budaya Sabilulungan yang menampilkan macam-macam pasanggiri seperti Jaipong, Pupuh, Dongeng Bahasa Sunda, Keaksarasundaan, dan sebagainya.

”Itu adalah hal yang perlu dipertahankan dan dikembangkan. Pesan-pesan yang terkandung di dalam Dongeng Sunda dan Pupuh itu sarat dengan pesan moral,” papar Dadang di sela pelaksanaan Gebyar Budaya Sabilulungan di Gedong Budaya Sabilulungan, kemarin (28/4).

”Ada nasionalisme yang ditanamkan dalam bentuk Basa Sunda seperti pupuh,’’ tambahnya.

Dia menilai, banyak sekali Khazanah budaya Sunda yang patut dipamerkan. Baik kesenian, keramahtamahan masyarakat, bahasa, tidak ketinggalan di mata dunia. ’’Buktinya banyak sekali seniman kita yang diundang ke mancanegara,’’ ucapnya.

Karena itu, dia berpikir bahwa budaya bisa dijadikan kekuatan oleh Kabupaten Bandung untuk menarik orang asing agar datang. Potensi garapan tersebut tidak hanya untuk menggaet wisatawan lokal, tapi juga berlaku untuk turis mancanegara.

Harapan tersebut tentu mendorong Pemkab Bandung untuk lebih melengkapi fasilitas budaya yang telah ada. Saat ini di Kabupaten Bandung telah berdiri Gedong Budaya Sabilulungan yaitu gedung pertunjukan yang megah dan sangat modern, ada juga Science Center atau puseur elmu untuk masyarakat agar bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan termasuk pengetahuan tentang kebudayaan, dan Plaza Sabilulungan atau bale rame yaitu gedung terbuka yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menggelar pertunjukan rakyat,” paparnya.

Nantinya, lanjut Dadang, di Kampung Sunda itu akan dikembangkan berbagai budaya seperti budaya kuliner, alam, seni, fashion. Kesemuanya itu akan dikemas sedemikian rupa sehingga dapat mendorong kekuatan ekonomi.

’’Kalau banyak orang yang datang nantinya akan dipilih budaya apa yang pantas ditampilkan,dan itu akan menghasilkan karena setiap pengunjung yang menonton pertunjukkan harus bayar,dan nantinya akan dibangun juga tempat penginapan di sana,’’ jelas Dadang.

Walaupun nanti namanya Kampung Sunda, dia menginginkan fasilitas yang ada nantinya minimal harus setara dengan hotel bintang empat. Kata dia, Kabupaten Bandung akan sangat siap untuk dijadikan pusat kebudayaan di Jawa Barat. ”Dengan fasilitas yang dihadirkan itu tentu kita siap kalau dijadikan pusat kebudayaan di Jawa Barat,’’ pungkasnya. (mg15/rie)

Tinggalkan Balasan