Sebar Orang Gila di Bandung Barat

PADALARANG – Penyebaran orang gila di Bandung Barat perlu menjadi perhatian. Sebab rupanya, penertiban orang gila yang dilakukan oleh satpol PP Bandung Barat bulan lalu, ternyata masih belum bisa membersihkan orang gila di daerah itu.

Menurut salah seorang penjual roti bakar di kawasan Padalarang Aef, 30, sekitar empat bulan yang lalu ada sebuah mobil yang membuang orang gila di kawasan Padalarang, Bandung Barat. ”Sekitar pukul 24.00 WIB mobil tersebut membuang empat orang gila. Bahkan, satu minggu yang lalu, ada orang gila baru di kawasan ini. Tapi, sekarang nggak tahu ke mana perginya,” ucapnya kepada Bandung Ekspres Selasa (25/8).

Dia menjelaskan, pembuangan orang gila terutama di kawasan Padalarang sudah terlalu sering sering. Bahkan, pembuangan tersebut telah dijadwalkan. Sekitar tiga sampai empat bulan sekali ada mobil yang membuang orang gila ke kawasan Padalarang.

Diakui olehnya, hal tersebut sudah sering terjadi. Dirinya sendiri tidak mengetahu dari mana mobil tersebut. ”Yang saya ingat plat nomer mobilnya berplat D. Artinya, masih wilayah Bandung,” tuturnya.

Saat ini, di kawasan Padalarang ada sekitar lima orang gila yang sering lalu lalang dengan dandanan yang menakutkan. Dia menuturkan, mereka semua tidak pernah menggangu orang-orang sekitar. Kepada para pedagang sekitar, orang gila tersebut sering meminta makanan.

Di tempat yang berbeda, Hamdan, 25, di kawasan Lembang ada banyak orang gila yang berkeliaran. Bukan hanya orang gila. Bahkan, para pengemis dan gelandangan pun cukup banyak. ”Saya tidak tahu mereka berasal dari mana. Tetapi, yang saya ketahui hampir setiap tahun sering ada orang gila dari luar Jawa Barat yang datang ke Lembang,” terang dia.

Dua kali dalam setahun mobil-mobil yang dari luar Jawa Barat menurunkan orang gila tersebut. Maksimalnya lima orang yang diturunnya. Menurutnya, mobil-mobil tersebut menyebarkan ke wilayah Bandung Barat.

Dikonfirmasi, Humas Rumah Sakit Jiwa Jawa Barat Yuni Lestari menampik, pihaknya yang membuang orang gila ke Bandung Barat. Selama ini rumah sakit selalu merawat pasien dengan baik. ’’Semua pasien yang dirawat di sini, dilakukan perawatan sampai sembuh. Bahkan, kami sendiri baru mendengarnya” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan