Sampaikan Pesan Perdamaian untuk Dunia

Karya Lukisan Bahar Malaka Dibawa ke London

bandungekspres.co.id– Pelukis eksentrik asal Cimahi Bahar Malaka kembali membuat gebrakan. Karya lukisannya berhasil diterima di museum London, Inggris.

lukisan bahar malaka
BERNILAI TINGGI: Pelukis Bahar Malaka saat menyerahkam Lukisan kepada Vice Presidend Record Holders Republic (RHR) Indonesia Halim Sugiarto di acara HUT Kota Bandung, belum lama ini.

Menurut Pelukis yang juga pernah menjadi Ketua Paguyuban Gyide Braga ini, karya lukisnya yang diserahkan kepada Vice Presiden Record Holders Republic (RHR) Indonesia Halim Sugiarto saat peringatan HUT Kota Bandung, lalu menjadi salah satu lukisan yang akan dimasukan ke museum di London.

”Dua hari sebelum pelaksanaan acara peringatan HUT Kota Bandung saya didatangi oleh pimpinan ORI (Agung Alviato) untuk memberikan sebuah karya lukis kepada Pak Halim Sugiarto dan yang diberikannya secara langsung di atas pentas,” sebutnya.

Dia pun menuturkan, karya lukisannya itu menceritakan tentang ke khasan tanah Toraja di Sulawesi. ”Semoga saja karya saya ini bermanfaat untuk yang lainnya,” ujarnya.

Sosok Bahar Malaka sendiri memang sering membuat kejutan di kalangan seniman, mulai dari melukis untuk mengingatkan perjuangan rakyat Palestina, memperingati Hari-hari besar di Kota Cimahi, melukis di titk nol kilometer Indonesia Kota Sabang Pulau Weh, dan kegiatan lainnya di Jawa Barat.

Sepulang menggarap desain interior di Timur Tengah, diapun beralih profesi menjadi seorang pelukis pada tahun 2000. Meski sebelumnya aktivitas yang dilakukan Bahar tidak mendapat dukungan penuh dari keluarganya, namun lama-kelamaan akhirnya keluarga dapat menerimanya.

”Kondisi ini tidak membuat hati saya luluh, namun justru membuat semakin kuat dan berusaha membuktikan kepada keluarga bahwa melukis bisa dijadikan sebagai sandaran hidup,” tuturnya. ”Saya terus berusaha berkarya untuk menjadi seniman dengan karya. Sudah puluhan lukisan saya buat dan menjadi koleksi beberapa pengusaha dan pejabat di Indonesia,” pungkasnya.

Pengagum Bab Marley, penyanyi Reggae terkenal asal Jamaika ini memilih aliran suryalis dan naturalis dalam setiap lukisannya. Bahar Malaka selalu berusaha menciptakan pesan moral dalam setiap karyanya. Salah satu diantara karyanya yang fenomenal adalah sebuah lukisan yang berjudul ”Peace for Palestina”. Sebuah lukisan berbentuk Masjid Al-Aqso yang dibuatnya dipenghujung tahun 2012 yang lalu. Dia selalu berusaha mengangkat kehidupan nyata dan berharap karyanya tersebut bisa menyebarkan pesan perdamaian ke seluruh penjuru dunia. Lukisan tersebut rencananya akan diserahkan ke UNICEF, sebagai simbol kepedulian seniman Kota Cimahi terhadap penderitaan rakyat Palestina. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan