Ruang Publik di Cimahi Terbatas

CIMAHI – Keberadaan ruang publik dengan fasilitas menunjang dianggap menjadi tempat bagi para pemuda untuk mengekspresikan setiap hobi yang dimiliki. Di Kota Cimahi, keterbatasan ruang publik menjadi satu kendala ketika anak-anak muda sulit mencari tempat yang tepat untuk menyalurkan kegemarannya.

Ruang Publik-bandung-ekspres
TIDAK ADA FASILITAS: Sejumlah komunitas di Kota Cimahi mengaku kesulitan mendapat ruang publik untuk menyalurkan kegemarannya.

Terlihat, sejumlah remaja di Kota Cimahi harus memanfaatkan jalan raya tepatnya di Jalan Rd. Demang Hardjakusumah menuju Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi untuk dijadikan sebagai area untuk bermain skateboard.

Kondisi tersebut, diakui seorang warga Fadli Fardiansyah (24) menjadi sebuah keterpaksaan mengingat terbatasnya area bermain yang menunjang di Cimahi. ”Ya, kami sebenarnya terpaksa, karena Cimahi berbeda dengan Kota Bandung. Di sana ada ruang publiK seperti skatepark yang difasilitasi,” kata Fadli, kemarin (15/2).

Fadli mengakui sering kali ada ketidaknyamanan saat komunitasnya berlatih. Pasalnya, kawasan tersebut merupakan jalan umum yang sering dilewati kendaraan. ”Kalau ada mobil atau motor latihannya berhenti dulu, setelah sepi, baru latihan lagi,” ujarnya.

Biasanya, komunitas Street Skate Family (SSF) Kota Cimahi ini selalu berkumpul setiap sore. Mereka memulai latihan sekitar pukul 16:00 WIB hingga malam hari sekitar pukul 20:00 Wib. Pemilihan jam tersebut bukan tanpa alasan, sebab, pada jam-jam tersebut jalanan lebih sepi.

”Kami pernah mengajukan proposal pada 2012 lalu ke Pemkot untuk dibuatkan tempat bermain skateboard yang layak, tapi belum ada tanggapan dari pihak Pemkot-nya, mungkin anggarannya tidak cukup,” ungkapnya.

Meski demikian, keterbatasan lahan tak lantas menyurutkan hobi mereka. Fadli mengaku, apabila nantinya tidak diizinkan lagi bermain skate di tempat tersebut, dia akan mencari tempat lain.

”Tidak ada lahan bukan berarti tidak bisa latihan, kami manfaatkan saja setiap lahan yang bisa dipakai. Karena, bagi kami skateboard bukan lagi sekedar hobi, tapi gairah,” pungkasnya. (mg18/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan