Ribuan SKM Antre PKH

IBUN – Ribuan warga dari keluarga kurang mampu antre di depan Kantor Kecamatan Ibun untuk mencairkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Program pemerintah pusat ini dikcurukan di Kantor POS Cabang Ujungberung.

program keluarga harapan PKH
Miladi Ahmad / jpphoto

LUMAYAN: Warga menunjukkan uang usai mengambil bantuan program keluarga harapan (PKH) di Kantor Pos Ciputat, Kota Tangsel, beberapa waktu lalu.

’’Total 1.344 jiwa warga Kecamatan Ibun menerima bantuan PKH. Uang yang disalurkan dengan total mencapai Rp 472,317,500,’’ ungkap Camat Ibun Drs. Ika Nugraha melalui Kasi Sosbud Dadan kepada Soreang Ekspres (Grup Bandung Ekspres), kemarin.

Dia menerangkan, PKH adalah program perlindungan sosial melalui pemberian uang tunai kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM). PKH diarahkan untuk membantu kelompok sangat miskin dalam memenuhi kebutuhan pendidikan dan kesehatan, selain memberikan kemampuan kepada keluarga untuk meningkatkan pengeluaran konsumsi.

Dia melanjutkan, PKH diharapkan dapat mengubah perilaku Keluarga Sangat Miskin untuk memeriksakan ibu hamil, balita ke fasilitas kesehatan, dan mengirimkan anak ke sekolah dan fasilitas pendidikan. ’’Dalam jangka panjang, PKH diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar-generasi,” tandasnya.

’’Semoga saja warga Kecamatan Ibun mengalami peningkatan kesejahteraan ke arah yang lebih baik. Semoga dengan bantuan uang tersebut dapat lebih bermanfaat sebagai penunjang hidup dan biaya pendidikan sekolah anak,” tambahnya.

Dadan mengungkapkan, jangan heran kalau uang yang diterima oleh setiap keluarga tentunya masing-masing berbeda-beda. Itu tergantung, keadaan sosial masing-masing penerima berdasarkan acuan.

Dijelaskan Dadan, tapi setelah menerima uang itu para penerima bantuan juga sama memiliki hak dan kewajiban, apabila ibu hamil harus memeriksa kandungan ke dokter paling tidak selama empat kali. ’’Kemudian ibu dari keluarga yang memiliki anak sekolah harus mendorong untuk menyekolahkan anaknya sampai lulus tingkat SMA,’’ ujarnya.

Kanit Pol PP Otang S didampingi anggotanya Tatang Supriatna menegaskan, teknis penyaluran bantuan PKH dilaksanakan di kantor kecamatan berlangsung lancar.

’’Ini atas dasar permintaan penerima bantuan PKH, mereka meminta agar pembagian uang dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan kalau di kantor Pos Ujungberung mereka beralasan selain jaraknya jauh butuh waktu empat Jam pulang pergi,’’ ungkap Tatang di sela-sela kesibukan saat mengatur warga yang sedang mengantre di halaman Kantor Kecamatan Ibun Minggu (19/4).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan