Ribuan Jamaah Salat Istisqo

[tie_list type=”minus”]BMKG: Hujan Turun September [/tie_list]

SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung melaksanakan salat Istisqo kemarin (30/7). Dilakukan di Lapangan Upakarti, Soreang. Diikuti seribuan jamaah. Berasal dari PNS, pelajar, ormas, calon jemaah haji dan masyarakat sekitar.

Salat Istisqo diimami oleh Pimpinan Pondok Pesantren Al Burbah, KH Ahmad Busyiri. Ketua MUI Kabupaten Bandung KH Anwar Saifudin Kamil ditunjuk sebagai khatib. Dalam khutbahnya, dia menjelaskan, salat Istisqo adalah doa meminta pengampunan dosa. Sebab menurutnya, musim kemarau adalah ujian dan kehendak Allah SWT kepada manusia.

’’Allah hanya menunda turunnya hujan. Sedianya manusia merupakan mahluk yang tidak bebas dari dosa. Maka kita harus selalu memohon ampunan dosa,’’ jelas Anwar.

Bupati Bandung Dadang M. Naser menejalskan, informasi dari Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim kemarau masih akan terjadi hingga November mendatang. Menurutnya, meski dibuat hujan buatan cukup sulit karena tipe awan kering. ’’Tidak ada tanda-tanda hujan juga meski dipancing hujan buatan. Makanya hari ini (kemarin, red) kita berusaha meminta hujan melalui salat Istisqo,’’ ujar dia usai salat.

Dia mengimbau, kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Bandung agar lebih menghemat air yang ketersediaannya mulai berkurang. Apalagi, saat ini ada pipa PDAM Tirta Raharja yang mengalami kebocoran dan menyebabkan pasokan air berkurang. ’’Makanya warga juga harus pintar-pintar menghemat air. Dalam kondisi ini juga ada pencurian air dari pipa PDAM. Pipanya ada yang dipatahkan tapi sekarang sedang diperbaiki,’’ terang dia.

Dadang berharap, warga yang masih memiliki air lebih bisa saling berbagi dengan warga yang sudah mengalami krisis air di rumahnya. ’’Hemat air di rumah tangga dan manfaatkan air bersih yang ada. Kalau di pabrik masih ada air bisa juga dibagikan ke warga,’’ ucap dia.

Selain itu, akibat hujan yang belum kunjung turun, menurut Dadang, ada ratusan hektare sawah mengalami kekeringan dan terancam puso. Padahal, saat ini tanaman padi tengah berbuah. Karena itu, upaya meminta hujan melalui salat Istisqo akan dilakukan di setiap kecamatan. (mg15/kha/hen)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan