Revitalisasi Gasibu Berikan Kenyamanan Baru

BANDUNG – Masyarakat Kota Bandung dan Jawa Barat sebentar lagi akan memiliki fasilitas ruang publik baru dengan di revitalisasinya Lapangan Gasibu.

Gasibu
BERMAIN: Tidak hanya olahraga, orang tua
memanfaatkan gasibu sebagai lokasi main anak.

Kepala Biro Humas, Protokol, dan Umum Pemprov Jabar Ruddy Gandakusumah mengatakan, rencana. Ini sebetulnya telah disiapkan sejak 2 tahun lalu. Namun, karena pada waktu itu terjadi kegagalan dalam system pelelangan akhirnya baru kali ini terlaksana.

”Mulai hari ini (kemarin, Red) hingga Desember mendatang Lapangan Gasibu untuk sementara tidak bisa digunakan untuk aktivitas umum karena akan dilakukan pemagaran,” jelas Ruddy ketika ditemui di Gedung Sate kemarin (27/8).

Ruddy menuturkan, pemagaran sengaja dilakukan agar masyarakat tidak akan terganggu oleh aktivitas proyek pengerjaan dan terpenting untuk keamanan masyarakat.

Selain itu, proyek revitalisasi pengerjaan akan dilakukan sampai pada Monumen Perjuangan. Namun saat ini, Pemprov Jabar baru bisa mengerjakan pada tahap I, yaitu bagian Lapangan Gasibu terlebih dahulu.

Ruddy menjelaskan, Lapangan Gasibu nantinya akan dijadikan ruang publik khusus untuk masyarakat dengan fasilitas memadai. Bahkan untuk fasilitas toiletnya pun akan dibuat senyaman hotel bintang 5.

”Pokoknya nanti akan dibikin nyaman, selain sebagai tempat rekreasi dan aktivitas olah raga Lapangan Gasibu memiliki sejumlah fasilitas lainnya seperti taman, hutan kota, air mancur, arena bermain, bahkan akan ada perpustakaannya,” papar Ruddy.

Selain itu, fasilitas lainnya adalah akan dibangun arena khusus amphitheater untuk pagelaran seni budaya dan musik seperti panggung kecil. Ini disiapkan sebagai tempat edukasi dan berdiskusi warga masyarakat.

Gasibu
ASUH BALITA: Dengan asrinya Gasibu membuat
banyak orang tua betah bawa keluarga.

Ruddy merinci, untuk revitalisasi tahap pertama ini Pemprov Jabar telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 15,5 miliar. Proyeksinya, revitalisasi ini akan selesai pada akhir tahun 2015.

”Ya semoga pada akhir tahun nanti Lapangan Gasibu bisa digunakan masyarakat Kota Bandung untuk merayakan tahun baru,” cetus Ruddy.

Dari sisi teknis, rumput yang digunakan Lapangan Gasibu tidak menggunakan sintetis seperti halnya Alun-alun Bandung. Lapangan Gasibu akan mengunakan paving blok dengan penanaman rumput di sela-selanya. Sehingga akan membuat nyaman pengunjung untuk berolahraga dan aktivitas lainnya.

Tinggalkan Balasan