Restorasi Sungai Cikapayang Rampung

bandungekspres.co.id– Pengerjaan proyek restorasi Sungai Cikapayang di samping Balai Kota Bandung, telah selesai tepat waktu. Hanya saja ruang publik baru ini, belum bisa dinikmati oleh masyarakat dikarenakan adanya kendala teknis.

Peresmian Sungai Cikapayang
AMRI RACHMAN DZULFIKRI/ BANDUNG EKSPRES

RESMI: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melepaskan ikan saat restorasi Sungai Cikapayang, Jalan Merdeka, beberapa waktu silam.

Sekretaris Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung Didi Ruswandi tidak menepis bila pengerjaan area pedestrian tersebut telah rampung. Hanya saja, proyek ini gagal diresmikan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

’’Sudah beres pengerjaannya. Cuma kendalanya tinggal diisi air saja. kata Pak Wali Kota sudah boleh dibuka Senin (hari ini), cuma enggak perlu diresmikan,” tukas Didi saat dihubungi, kemarin.

Kawasan itu, nantinya akan dihiasi sejumlah ornamen unik. Salah satunya, pemasangan ornamen dari batu setinggi tiga meter. ’’Ada empat ornamen batu sebagai hiasan. Nilai estetikanya akan lebih terasa,” klaimnya.

Hal menarik lainnya adalah pedestrian Sungai Cikapayang bakal berhadapan langsung dengan Taman Vanda yang kini menjadi tempat nongkrong baru warga Kota Bandung. Keduanya disebut Didi akan menjadi daya tarik.

Berdasar informasi, pedestrian di titik itu juga hadirkan trotoar yang ditata, taman dan fasilitas lain seperti kursi, lampu hias serta penataan sungai.

Didi menyatakan, wujud dari hasil restorasi yang dilakukan nanti tak jauh berbeda dari yang ada. Trotoar akan ditata, termasuk ditambah taman dan fasilitas lain seperti kursi maupun lampu hias.

’’Untuk model enggak akan jauh berbeda sama yang eksisting. Mungkin lantainya akan beda sedikit. Kalau dulu andesit, sekarang kemungkinan kita pakai granit,’’ jelasnya.

Untuk diketahui, dalam menggarap proyek restorasi Sungai Cikapayang itu, Pemerintah Kota Bandung gelontorkan anggaran mencapai Rp 6 miliar. Proyek itu menyambung hasil yang sudah ada sebelumnya dan direncanakan selesai 23 Desember 2015.

Semangat dari restorasi itu adalah menyediakan ruang publik yang nyaman sekaligus menata sungai. Namun untuk kali ini, hasil restorasi kemungkinan bakal lebih hijau. (edy/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan