PT Pos Fasilitasi Fotografer lewat Lomba

BANDUNG – Fotografi saat ini bisa dinikmati oleh siapa saja. Jenis kamera untuk membidik gambar pun semakin beragam. Untuk memfasilitasi minat di bidang fotografi tersebut, PT Pos Indonesia (Persero) kembali menggelar lomba foto pos tingkat nasional yang total hadiahnya mencapai Rp 50 juta.

PT Pos IndonesiaUntuk tahun ini, dalam penyelenggaraannya PT Pos menggandeng Harian Bisnis Indonesia dalam event bertajuk Photo Contest Pos 2015. Plt Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Poernomo mengatakan, perusahaannya mendukung penuh terselenggaranya kegiatan lomba foto yang mengusung tema ‘Layanan Pos Indonesia Hebat, Sedekat Sahabat’ tersebut.

Dengan kegiatan lomba foto ini, diharapkan foto-foto yang dilombakan mampu menggambarkan proses pelayanan Pos Indonesia, sekaligus menjadi alat ukur tingkat kepuasan pelanggan. ’’Manajemen juga berharap kegiatan ini semakin mendekatkan Pos Indonesia dengan masyarakat dan menjadi sahabat yang akrab yang membantu kebutuhan masyarakat akan layanan Pos Indonesia,” katanya.

Ahmad Djauhar, Direktur PT JAG yang merupakan penerbit harian ekonomi Bisnis Indonesia, mengungkapkan fotografi merupakan paduan seni visual yang tidak sekadar mengandalkan kecerdasan, tapi juga kreativitas dan sensitivitas, serta kecepatan mengambil keputusan untuk menangkap sebuah momen yang berkemungkinan tidak akan terulang kembali. ’’Jika berbagai unsur tersebut dapat diramu dengan pas, niscaya akan menghasilkan foto yang spektakuler,’’ katanya.

Lomba fotografi ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu Kategori Wartawan dan Kategori Umum. Masa penjaringan dan penyeleksian karya akan diberlakukan untuk foto-foto yang pernah dipublikasikan wartawan atau yang didokumentasikan masyarakat selama periode 1 Januari – 30 September 2015.

Foto yang akan dilombakan harus mampu menggambarkan proses pelayanan yang berjalan di cabang-cabang kantor pos milik PT Pos Indonesia. Layanan tersebut bisa dijadikan alat ukur sejauhmana tingkat pelayanan PT Pos Indonesia mempengaruhi kepuasan masyarakat yang menjadi konsumennya.

Foto-foto yang masuk akan dinilai oleh para dewan juri yang terdiri dari Firman Wibowo (Redaktur Senior Foto Harian Bisnis Indonesia), Saptono (Redaktur LKBN Antara Foto), Andi Widjaya (Perhimpunan Amatir Foto Bandung), dan Dudi Sugandi (Fotografer Senior Harian Umum Pikiran Rakyat).

Jumlah foto yang dikirimkan oleh masing-masing peserta maksimal lima foto dalam format JPG, dengan ukuran sisi terpanjang minimal 3.000 pixel dengan hasil file size antara 2 – 3 MB per foto. Tak lupa, semua peserta harus menyertakan struk atau bukti transaksi salah satu dari berbagai layanan PT Pos Indonesia sebagai syarat sah lolos seleksi semisal Paket Pos, Surat Pos, Wesel Pos, Giro Pos, PosPay, AdmailPos, Express, Poshop Mail Service, Logistik, Kargo, Bank Channeling, dll. Khusus untuk kategori peserta wartawan, salah satu foto yang diikutsertakan dalam lomba terlebih dulu harus dipublikasikan di media massa tempatnya bekerja selama rentang 1 Januari s/d 30 September 2015.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan