PT LI Pertimbangkan Jadwal Persipura dan Persib

JEDA waktu sebulan mundurnya kick off ISL tidak dimaksimalkan betul PT Liga Indonesia (LI), selaku operator kompetisi. Ini dibuktikan dengan mampatnya jadwal yang bakal dijalani 18 klub ISL nanti. Situasi ini membuat klub yang mengusulkan perubahan jadwal bakal gigit jari.

Bek Persib Vladimir Vujovic - bandung ekspres
SUNDUL BOLA: Bek Persib Vladimir Vujovic berduel dengan pemain lawan

Penyebabnya yakni perubahan jadwal yang ada sedini mungkin tidak mungkin bisa dilakukan PT. LI. Berbagai agenda termasuk FIFA match day, TC Timnas dll menjadi pertimbangan tersendiri dari operator ISL tersebut. Namun yang perlu dijadikan perhatian adalah padatnya kompetisi bisa membuat output bagus di akhir kompetisi bisa tak tercapai.

”Untuk putaran pertama ISL, kemungkinan besar tidak ada perubahan signifikan,” kata Tigorshalom Boboy, Sekretaris PT LI kepada Jawa Pos (Grup Bandung Ekspres) di Jakarta, kemarin (5/3). Menurutnya, jadwal yang sudah dirancang pihaknya memang sudah mengacu pada berbagai aspek yang ada.

Kendati demikian, Tigor mengakui bahwa mundur tidaknya kick off ISL 2015 sama sekali tidak akan merubah jadwal yang memang akan berjalan semakin padat. Untuk itu, Tigor menajak semua klub untuk menahan diri dan melihat sisi positif jadwal yang sudah ada. ”Lagipula, kami juga dikejar untuk bisa selesai pada November 2015,” terangnya.

Operator liga sepak bola teratas di Indonesia itu menegaskan kalau pihaknya tetap mempertimbangkan aspek-aspek terkecil termasuk recovery pemain. Padahal jadwal sepadat ini, pemain akan menjadi yang paling dirugikan. Sebab, untuk kembali fit setelah pertandingan satu ke pertandingan selanjutnya, pemain minimal butuh recovery selama dua hari.

”Kami nggak ngawur juga membuat jadwal, istirahat pemain juga menjadi perhatian kami, gak mungkin kami memberikan jadwal main tim seminggu tiga-empat kali,” timpal Darwis Satmoko, Manajer administrasi Kompetisi PT. Liga Indonesia (LI).

Sementara itu, Persipura Jayapura dan Persib Bandung masih menjadi prioritas PT LI untuk memberikan jadwal yang lebih nyaman. Sebab, kedua klub ini menjadi wakil Indonesia di pentas Piala AFC 2015. Untuk itu, sedini mungkin perubahan jadwal akan dilakukan jika memang kedua klub ini keberatan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan