Proyek CCTV Masih Mangkrak

CCTV
Istimewa
PANTAU: Salah satu ruangan pemantau di kantor Dinas Perhubungan. Kota Bandung masih dalam tahap wacana terkait pemasangan kamera pengintai atau CCTV di seluruh titik jalan kota kembang.

[tie_list type=”minus”]Dishub Belum Mulai Proses Lelang[/tie_list]

SUMUR BANDUNG – Rencana Pemerintah Kota Bandung yang sejak lama menggemborkan bakal memasang ratusan unit closed circuit television (CCTV) atau kamera pengintai, hingga saat ini belum kunjung terealisasi. Dinas Perhubungan Kota Bandung sebagai instansi yang bertanggungjawab terhadap proyek tersebut, belum juga memulai proses lelang.

Berdasar penelusuran di laman LPSE Online Kota Bandung, belum terlihat ada informasi mengenai lelang pengadaan untuk CCTV. Padahal, menurut informasi, anggaran dari APBD Kota Bandung untuk pengadaan 150 CCTV itu sudah ada sejak bulan Maret 2015.

Justru, beberapa pengadaan paket pekerjaan yang ditawarkan oleh Dishub melalui LPSE Online, di antaranya perbaikan/rehabilitasi Bus Trans Metro Bandung Koridor 1 juga pengadaan senjata genggam dan kelengkapannya.

Kepala Dishub Kota Bandung Ricky Gustiadi membenarkan hal tersebut, Namun pihaknya akan segera menayangkan secepatnya proses lelang melalui LPSE Online Kota Bandung. ’’Kita tayangkan secepatnya. Sekarang memang belum masuk,” tukas Ricky, kemarin (13/9).

Disinggung kendala apakah yang dihadapi Dishub dalam proses lelang itu, Ricky menyatakan tidak ada. Sejauh ini, proses sesuai dengan koridor aturan yang ada. ’’Enggak, enggak ada kendalanya. Yang pasti nanti akan diusulkan, dimasukkan (LPSE),” sahutnya.

Belum dimulainya proses lelang menimbulkan kekhawatiran, karena anggaran yang ada tak bakal terserap mengingat waktu efektif tinggal beberapa bulan lagi untuk pelaksanaan lelang termasuk pengadaannya serta penyerapan anggaran APBD 2015. ’’Anggaran pasti akan terserap,” klaimnya.

Beberapa waktu lalu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk proyek CCTV, Sultoni, pernah mengungkap, bahwa lelang akan dilangsungkan September ini. Pelaksanaan lelang dilakukan setelah melewati fase rapat koordinasi dengan Jasa Telekomunikasi (Jastel).

Lelang yang dilakukan adalah untuk pemasangan 150 titik CCTV. Jumlah itu akan menambah 30 titik yang sudah terpasang sebelumnya. Nantinya, keberadaan CCTV itu diharapkan bisa membantu kelancaran lalu lintas dan meningkatkan keamanan Kota Bandung serta terhubung dengan sistem kendali area traffic control system (ATCS) dan Bandung Command Centre (BCC). (vil)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here