Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Lahan

bandungekspres.co.id – Meski sudah berhasil dipadamkan, polisi masih melakukan penyelidikan terkait dengan kebakaran lahan yang terjadi di Gunung Batu Aki Desa Lagadar Kecamatan Matgaasih, Kabupaten Bandung. Wilayah yang berbatasan langsung dengan RW 07 Kelurahan Leuwigajah ini, pada Jumat (30/10) lalu sempat ternbakar.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Margaasih AKP Untung Marhono mengatakan, pihaknya belum mengetahui apa penyebab terjadinya kebakaran tersebut, namun pihaknya terus melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran di Gunung Batu AKI yang berlokasi di RW 01 Desa Lagadar Kecamatan Margassih tersebut. ”Kami belum dapat menyimpulkan apa penyebab terjadinya kebakaran tersebut, saat ini kami masih melakukan penyelidikan,” kata Untung, kemarin (1/11).

Menurutnya, berkat kesigapan dari aparat di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung, akhirnya pada Sabtu (21/10) api berhasil dipadamkan. Pemadaman dilakukan oleh Petugas Damkar dari Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung. Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk lebih hati-hati terhadap ancaman bahaya kebakaran yang setiap saat selalu mengintai. ”Kami sudah menyampaikan imbauan kepada masyarakat sekitar supaya tidak melakukan aktivitas yang bisa menimbulkan bahaya kebakaran,” katanya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi Herry Setiawan menyebutkan, sepanjang Januari hingga Oktober 2015, sedikitnya tercatat 51 kejadian kebakaran di wilayah Kota Cimahi dan sekitarnya. Sedangkan untuk kebakaran lahan, di Kota Cimahi terjadi sebanyak lima kali kebakaran. Diantaranya, di Baros,Kampung Cireundeu, Lapang tembak,Kampung Cibogo dan Kampung Santiong, meskipun tidak menyebutkan berapa luas area yang terbakar, tetapi Herry mengakui kewaspadaan harus lebih ditingkatkan menghadapi ancaman kebakaran tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gunung Batu Aki di RW 01 Desa Lagadar Kecamatan Margaasih, kabupaten Bandung terbakar. Terbakarnya Gunung Batu Aki yang berbatasan dengan Wilayah Kota Cimahi, RW 07 Kelurahan Leuwigajah tersenut diduga terjadi mulai pukul 15.00 WIB Jumat (30/10) lalu.

Menurut Ketua RW 01 Desa Lagadar Kecamatan Marhaasih, Kusnadi, kejadian berlangsung sekitar pukul 15.00 diatas gunung yang berada di wilayah Kampung Cibogo RW 07 Kelurahan Leuwigajah, lalu makin sore hingga malam api terus mulai merembet sekitar satu kilometer hingga ke atas gunung yang berada di wilayah RT 05 RW 01 Desa Lagadar .

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan