Poles Ikon Wisata Belanja

BANDUNG – Dua ikon wisata belanja di Kota Bandung yakni sentral produksi celana jin Cihampelas dan pusat pembuatan sepatu Cibaduyut, akan segera berubah wajah.

Cihampelas
ISTIMEWA

UNIK: Jajaran toko menarik yang berada di ruas Jalan Cihampelas menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Rencananya, Pemerintah Kota Bandung bakal memoles dua wisata belanja itu untuk menambah daya tarik wisatawan yang datang untuk berbelanja atau sekedar berjalan-jalan.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, sudah ada dua konsep berbeda yang akan diterapkan di dua lokasi belanja tersebut. Untuk kawasan Cihampelas, Pemkot Bandung akan membangun sky walk. Nantinya, kata dia, para pengunjung bisa berjalan di atas deretan pertokoan.

’’Jadi nanti untuk Cihampelas belanjanya di lantai dua,’’ kata Ridwan Kamil usai berkunjung ke kawasan Cibaduyut, Kota Bandung Rabu (12/8).

Tanpa menyebut besaran anggaran, pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan bahwa proyek sky walk akan mulai dikerjakan pada September-Oktober tahun ini. ’’Cihampelas gambarnya sudah detail. Insya Allah dalam waktu yang tidak terlalu lama kita akan bangun sky walk Cihampelas dari arah Advent sampai ke kolong jembatan Pasupati. Yang mengerjakan Dinas Bina Marga dan Perairan, sebagian ada hibah dari pengusaha Cihampelas,’’ ucapnya.

Sementara untuk kawasan Cibaduyut, Emil berencana membuat ikon produksi sepatu tersebut mirip Jalan Asia Afrika. ’’Kita akan perbaiki kualitas fasilitas pedestrian. Mirip Asia Afrika, ada tempat duduk dan sebagainya,’’ ucapnya.

Dia mengaku melakukan sidang untuk melihat kondisi real di lapangan. ’’Saya monitor di sini ingin mengecek lahan parkir supaya kemacetan berkurang dengan konsolidasi parkir, termasuk menertibkan bangunan yang tidak ada Izin Mendirikan Bangunan (IMB) juga,’’ ujar Emil.

Emil menambahkan, rencana perbaikan wajah wisata belanja tersebut tidak saling menunggu. Namun, kata Emil, untuk saat ini konsep pembangunan sky walk dinilai paling matang untuk segera direalisasikan. ’’Cibaduyut masih butuh proses pendataan studinya. Cihampelas paling siap,’’ tuturnya. (bbs/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan