Pola Kontrol Kendur

SOREANG – Banyaknya kejadian tak senonoh yang dilakukan di Komplek Pemkab Bandung, menuai banyak keprihatinan. Salah satunya dari Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kabupaten Bandung Thony Fathony.

Dia menyatakan keprihatinannya, karena seharusnya komplek Pemkab hanya sebagai tempat para pegawai untuk bekerja, tidak untuk melakukan hal yang tidak semestinya. Menurutnya, semua itu bisa terjadi karena kurang ketatnya pengawasan terhadap lingkungan Pemkab di saat hari libur. Seharusnya instansi terkait  membuat peraturan, agar bisa mencegah terjadinya hal seperti itu.

Tidak bisa dipungkiri bahwa gejolak anak muda seringkali menjurus ke hal-hal negatif, termasuk perbuatan tidak senonoh sebelum adanya ikatan pernikahan. Dan terkadang mereka juga tidak mengenal tempat dan waktu. ’’Asal ada kesempatan, pasti itu bisa terjadi,’’ katanya kepada Soreang Ekspres (Grup Bandung Ekspres) di kantornya kemarin (14/1).

Oleh sebab itu, apabila ada pasangan yang tertangkap basah sedang melakukan hal tidak, benar terutama dikomplek pemkab, hendaknya intansi terkait segera melakukan tindakan. ’’Yapi jangan dengan tindakan keras,’’ tambahnya.

Menurut Thony, sebaiknya para pasangan muda tersebut diberi pengarahan dan pembinaan saja. Misalnya dengan melakukan pertemuan dengan orang tuanya atau memberi pengertian dan arahan agar mereka tidak berbuat seperti itu lagi, terutama di tempat umum seperti komplek pemkab. ’’Pokoknya pemerintah harus meningkatkan  lagi pengawasan. Salah satu upayanya mungkin dengan memasang kamera pengintai,’’ tuturnya.

Namun dia juga mengingatkan, perlu adanya kesadaran dari masyarakat yang harus ditingkatkan. Sementara itu, anggota legislatif dari Komisi A Lina Afiantay  menuturkan, jika ada masyarakat atau siapapun yang menemukan kejadian seperti itu, hendaknya langsung melaporkan kepada Satpol PP. ’’Alangkah lebih baiknya kalau pada saat lapor, hendaknya di barengi dengan bukti seperti foto kejadian,’’ tuturnya.

Lina juga mengatakan bahwa sekecil apapun  bentuk aduan dari masyarakat, hendaklah ditanggapi dan harus ditindaklanjuti dengan baik dan cepat. Pihaknya akan melihat dulu sejauh mana perkembangan permasalahan tersebut. Dia juga akan meninjau kebenaran hal tersebut. ’’Nanti kami tanyakan dulu ke pihak  terkait apakah memang benar ada kejadian tersebut, dan sejauh mana langkah yang mereka ambil,’’ ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan