PNS Wajib Pakai Akik Oncom

[tie_list type=”minus”]Jadi Budidaya Warga Bandung Barat [/tie_list]

NGAMPRAH – Bupati Bandung Barat Abubakar mewajibkan semua pegawai negeri sipil (PNS) dan para pejabat untuk menggunakan batu akik jenis Pancawarna Gununghalu atau dikenal juga dengan nama batu akik Oncom. Pasalnya, batuan ini merupakan batu khas Kabupaten Bandung Barat.

Abubakar Bupati Bandung Barat
Abubakar
Bupati Bandung Barat

”Untuk mempopulerkan batu akik Oncom ini, saya perintahkan semua jajaran PNS agar menggunakan batu akik Oncom. Ini juga sebagai wujud pelestarian terhadap batu yang dimiliki Kabupaten Bandung Barat. Kalau bisa perkenalkan kepada daerah lain,” kata Abubakar kepada wartawan di Ngamprah kemarin (12/6).

Selain wajib dipakai oleh jajaran PNS, pihaknya juga berencana akan menghususkan batu akik Oncom ini dijadikan salah satu cenderamata jika ada tamu dari luar kota yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bandung Barat. ”Pulangnya kita berikan sebuah cenderamata berupa batu akik Oncom,” ujarnya.

Saat ini, lanjut orang nomor satu di Bandung Barat, warga Bandung Barat khususnya para perajin batu akik, sudah mengetahui keunggulan dari batu akik Oncom khas KBB tersebut. Batu akik oncom pun sudah mulai diperkenalkan warga Bandung Barat ke daerah lain.

Apalagi berbagai jenis batu akik yang saat ini terkenal pun ternyata bahan batu akik tersebut berasal dari wilayah Bandung Barat seperti Cililin, Gununghalu, Cipatat dan Sindangkerta. Artinya, kata Abubakar, semua kecamatan di KBB memiliki potensi bahan bongkahan bakal batu akik yang bisa dibudidayakan dan menambah nilai jual. ”Dulu batu bongkahan dari wilayah di Bandung Barat dijual per kilo dengan harga murah. Nah, sekarang warga sudah mulai membudidayakan sendiri, sehingga nilai jualnya lebih mahal dan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, salah seorang ahli batu oncom Beni dari By Gemstone Cihampelas menilai, batu oncom asli KBB memiliki kekhasan yang tidak dimiliki batu akik lainnya. Batu Oncom, kata dia, memiliki banyak varian serta motif yang mengundang decak kagum para pencinta batu akik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan