Piala Jenderal Sudirman Sebuah Tantangan

bandungekspres.co.id– Persib Bandung dipastikan berlaga di turnamen Piala Jenderal Sudirman yang rencananya dihelat November mendatang. Turnamen ini melibatkan 15 peserta yang dibagi ke dalam tiga grup dengan lokasi babak penyisihan grup di Surabaya, Malang dan Bali.

M Taufiq Gelandang Persib
M Taufiq
Gelandang Persib

Gelandang Persib M Taufiq menganggap Piala Jenderal Sudirman memberikan tantangan tersendiri. Pasalnya, turnamen kali ini sangat berbeda dengan Piala Presiden. Jika Persib menjadi tuan rumah babak penyisihan grup. Kali ini, Persib akan lebih sering bermain di luar kandang. ’’Tantangan tentunya untuk kita karena di turnamen kemarin (Piala Presiden) menjadi tuan rumah. Bagus juga untuk menambah jam terbang. Tetap optimis. Bermain di luar kita harus kerja keras,’’ ucap Taufiq di Mess Persib, kemarin.

Persib kerap menelan kekalahan di partai away babak delapan besar dan semifinal Piala Presiden 2015. Namun begitu, Taufiq menyatakan, sudah mempelajari kekalahan di laga tandang sebelumnya. Dirinya meminta Persib mesti manfaatkan waktu yang tersedia saat ini demi persiapan matang.

’’Pastinya jadi pengalaman untuk kita juga karena memang main di luar juga tak semudah main di kandang. Ada juga faktor lain (seperti perjalanan jauh). Kalau main di luar pengaruhnya juga karena faktor tuan rumah, suporter-suporternya juga beda, kalau kita main di kandang banyak bobotohnya,’’ tuturnya. ’’Saya percaya dan optimis teman-teman dapat menjaga kondisi. Kita tidak ingin kondisi drop juga (meskipun setelah menjalani Piala Presiden tim diliburkan). Kita harus mempercepat persiapan tim,’’ ungkapnya.

Melihat lawan-lawan yang akan dihadapi. Taufiq menganggap cukup berat, tapi bukan berarti nyali harus ciut. Sebab, Maung Bandung masih memiliki motivasi besar untuk kembali memenangkan pertandingan. ’’Ritmenya juga tinggi, pasti akan muncul tim-tim yang lebih baik juga seperti Persipura atau Semen Padang yang di Piala Presiden tidak ada. Itu semua jadi tantangan buat kita,” tegasnya. (pra/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan