Pertunjukan Seni Buka Pamer Batu Akik 2

[tie_list type=”minus”]Hari Pertama, Pengunjung Padati Pasar Cimindi[/tie_list]

CIMAHI – Pembukaan gelaran Pamer Batu akik 2 di Pasar Tradisional Cimindi di Jalan Mahar Martanegara, Kota Cimahi berlangsung meriah. Sejumlah pengunjung pun tampak memadati kawasan tersebut.

Beberapa pertunjukan kesenian khas daerah seperti, pencak silat dan durcing turut membuka gelaran yang kedua kalinya itu. Selain itu, suguhan makanan tradisional berupa tumpeng dan awug pun sengaja disiapkan pihak panitia bagi para pengunjung.

Ahmad Syafei selaku ketua penyelenggara Pamer Batu Akik 2 mengatakan, pameran ini merupakan inisiatif dari Asosiasi Penggemar dan Pedagang Batu Akik Cimahi yang kembali ingin mengadakan acara serupa di tempat tersebut. Ini dilakukan karena melihat antusias pengunjung di pameran pertama cukup tinggi.

”Asosiasi ini terdiri dari para pedagang batu akik. Lewat pameran ini, kami ingin menghimpun para pedagang batu akik yang berjualan di pinggir jalan untuk bergabung bersama kami di Pasar Cimindi,” katanya kepada Cimahi Ekspres.

Pihaknya sangat mengapresiasi pengelola pasar yang memberi tempat kepada pedagang batu akik untuk mengembangkan usahanya. Dia berharap, Pasar Cimindi menjadi sentra pasar batu akik di Kota Cimahi.

”Kami mendukung program Cimahi bebas pedagang kaki lima (PKL). Tapi sampai saat ini belum 100 persen berlangsung. Kami ingin kita bersama- sama menjadikan Cimindi sebagai sentra batu akik Cimahi,” tuturnya.

Ahmad mengaku, sejak mengikuti pameran batu akik pertama, dirinya dan sejumlah pedagang batu akik lainnya memilih untuk menetap di Pasar Cimindi.

”Setelah saya jalani, ternyata pengunjung banyak. Intinya, asalkan pedagang kompak meramaikan pasar, saya kira omzet bisa bertambah. Mungkin yang di luar mengira di sini sepi, padahal nggak,” ujarnya.

Ahmad pun berharap, booming batu akik tidak hanya sesaat. ”Tapi ada manfaat yang dirasakan masyarakat. Dari yang tadinya nganggur jadi punya keahlian moles batu,” ucapnya.

Kepala Pasar Tradisional Cimindi Andri Gunawan mengatakan, dalam kegiatan ini selain pamer dan kontes batu akik, akan dilaksanakan juga acara Lelang Batu akik. Kegiatan digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kota Cimahi dan akan dilaksanakan 27 April sampai 5 Mei 2015.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan