Pertarungan Buaya dan Biawak Juarai IAPC 2015

bandungekspres.co.id– IAPC atau International Animal Photo Competition telah memasuki usianya yang ke 25. Kompetisi fotografi yang telah diselenggarakan sejak tahun 1990 ini juga diadakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tanggal 5 Juni serta Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional pada tanggal 5 November.

FOTO ATAS: Juara 1 kategori Pelajar karya Dev yanti Virsanita asal Jakarta dengan judul foto ”Bunda Sayang Aku”
FOTO ATAS: Juara 1 kategori Pelajar karya Dev yanti Virsanita asal Jakarta dengan judul foto ”Bunda Sayang Aku”

Menurut Direktur Taman Safari Indonesia Frans Manansang, kompetisi tahunan ini selalu mendapat respon positif dari masyarakat. ”Animonya pun terus bertambah dari tahun ke tahun. Tahun ini jumlah foto yang tersubmit mencapai angka 16 ribu, atau naik 2 ribu foto dibandingkan tahun lalu,” ujar Frans.

Tahun ini merupakan tahun kedua IAPC diselenggarakan dengan sistem online dan dibagi menjadi 2 kategori, yaitu pelajar dan umum. Event hasil kerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pariwisata, PT Datascrip/Canon, Id-Photographer, serta pihak lainnya ini rencananya akan ditutup oleh acara penyerahan hadiah pada tanggal 7 November mendatang.

Penjurian dilakukan Rabu, 21 Oktober 2015 di Safari Lodge Hotel. Para juri yang terdiri dari Danis Manansang (Taman Safari Indonesia), Arbain Rambey (KOMPAS), Dudi Sugandi (Pikiran Rakyat), Julian W (Wildlife Photographer, perwakilan Canon regional Asia) dan Ryan Boedi (Id-Photographer) telah memilih total delapan foto sebagai para pemenang dari kategori umum dan delapan foto dari kategori pelajar. Salah satu pemenang beruntung tersebut adalah Hendi dengan foto pertarungan Buaya dan Biawak yang menjadi Juara 1 dari Kategori Umum. Ke 16 pemenang ini dijadwalkan untuk menerima hadiah dari beberapa Menteri terkait pada acara penyerahan hadiah bulan depan.

Berikut nama-nama pemenang; Juara1 – 3 (Umum): Hendi-Kalbar (Fighting), Fajar Mangkudisastro-Jakarta (Berhasil!), dan Agustiar Hamdani-Bekasi (Killer Instinct), Harapan: Gede Sudika Pratama-Gianyar (Ciuman Kasih Sayang), Budi Darmawan-Jakarta (Jangan Ganggu!), Yohanes Arief Dewanto-Jakarta (Kepanasan), Diyan Filio Bastian-Jember (Keluarga Burung), dan Ahmad Samsudin-Semarang (Bayi Ular Piton). Juara 1 – 3 (Pelajar): Devyanti Virsanita-Jakarta (Bunda Sayang Aku), I Ketut Arya-Denpasar (Hey World, I Am Baby Sea Turtle), dan Hikmah Sultan-Makassar (Antri Minum). Harapan: Anthony Yonathan-Surabaya (Kissing), Try Wahyudi-Surabaya (Kasih Sayang Ibu), Yana Supriatna-Bandung (A Scream from the Sky), Roni Kuncoro-Jakarta (Bercanda), dan Dimas Ridho Wicaksono-Bekasi (Twin Cotton Top Tamarin Marmoset). (hen/rls/fik)

Tinggalkan Balasan