Permintaan Mobil Murah LCGC Makin Besar

SURABAYA – Permintaan terhadap mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car (LCGC) terus meningkat. Hal itu membuat PT Nissan Motor Indonesia (NMI) untuk periode April 2015-Maret 2016 menaikkan target penjualan Datsun hampir dua kali lipat dari capaian periode yang sama tahun sebelumnya.

Mobil LCGC
Istimewa

ANDALKAN KETELITIAN: Pabrik perakitan mobil Nissan menggenjot kinerja guna mengejar capaian di periode sebelumnya.

Head of Communications PT NMI Hana Maharani mengatakan, meski baru diluncurkan setahun yang lalu, permintaan terhadap Datsun terus membesar. NMI menargetkan penjualan sebesar 40.000 unit pada tahun ini. Sementara capaian pada periode lalu sebesar 23.700 unit. ’’Salah satu penyumbang terbesar ialah Jatim dengan kontribusi 15 persen,’’ kata Hana kemarin (8/6).

Dia mengakui, pada awal tahun pasar mobil nasional tengah melemah. Tapi menjelang puasa dan Idul Fitri biasanya mengalami kenaikan. Saat ini rata-rata penjualan perbulan sebesar 2.500 unit. Dia optimistis, penjualan bisa naik menjadi 3.000 unit perbulan. ’’Kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan meningkat, salah satunya untuk mudik dan keperluan lainnya,’’ papar Hana.

Untuk melayani kebutuhan konsumen di wilayah Jatim dan Bali, pihaknya menambah sebanyak lima jaringan diler baru sehingga total menjadi 19 diler. Diler baru tersebut dikhususkan di kota-kota yang belum memiliki jaringan diler Datsun. ’’Sementara secara nasional jumlah diler sebanyak 115 outlet. Ditargetkan bertambah menjadi 135 outlet. Memang belum semua wilayah terdapat jaringan diler. Pada 2016 kami menjajaki pengembangan ke Papua dan Maluku,’’ urainya.

Branch Manager Sales Division PT Mitra Pinasthika Mustika (MPM) Auto Kenjeran Abel Philip Baraoege menambahkan, permintaan LCGC di Surabaya relatif lebih tinggi dibandingkan wilayah lain. Disebutkan, kontribusi penjualan Datsun mencapai separo, sisanya untuk kendaraan Nissan lainnya. ’’Pasar Datsun di Surabaya bagus. Kami perkirakan porsi ini tetap bertahan hingga akhir tahun. Sedangkan untuk Nissan, Grand Livina, dan X-Trail masing-masing menyumbang 30 persen. Sisanya terbagi untuk varian lainnya,’’ papar dia.

Dia optimistis tahun ini MPM Auto Kenjeran dapat meraup penjualan 759 unit. Ada berbagai strategi yang sudah disiapkan. Antara lain, menggelar showroom event, pameran, open table dengan melibatkan leasing hingga promosi ke perusahaan maupun instansi.

Tinggalkan Balasan