Periksa 10.933 Dukungan

[tie_list type=”minus”]Anggota PPS Mulai Verifikasi Data Administrasi[/tie_list]

MAJALAYA – Sejumlah Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di 31 Kecamatan, kemarin (23/6) mulai disibukan dengan melaksanakan tahapan verifikasi administrasi untuk dukungan calon perseorangan dari pasangan Sabilulungan Dadang M Naser dengan Gun Gun Gunawan (Sabdaguna), di sekretariat PPS desa masing-masing.

’’Kami telah menugaskan PPS untuk melakukan verifikasi administrasi selama lima hari mulai hari ini,’’ ungkap Ketua Panitia Pemilihan Umum Kecamatan Majalaya Zenal Arifin S Pd kepada Soreang Ekspres (Grup Bandung Ekspres) di Majalaya kemarin (23/6).

Zaenal menerangkan, berkas dukungan yang akan diverifikasi adalah sebanyak 10.933 unit. Mereka mencari keakuratan data seperti dukungan yang ganda, kemudian ditakutkan pula ada dukungan yang Belum Memenuhi Syarat (BMS) dan melakukan penelitian jika ada dukungan yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

’’Nanti berkas lampiran dukungan disesuaikan oleh PPS dengan disaksikan Panwas desa, juga dihadiri tim Verifikasi dari calon disaat melakukan verifikasi faktual,’’ tambahnya.

Zenal menjelaskan, verifikasi administrasi juga jangan dipandang mudah karena membutuh ketelian dan kehati-hatian agar tidak ada data yang salah. ’’Untuk verifikasi faktual akan dilaksanakan selama lima hari juga, sesuai jadwal tahapan yang telah ditentukan oleh KPU. Kami sebagai penyelenggara tetap konsisten, sesuai tigas dan kewajiban yang diberikan oleh KPU,’’ ujar Zaenal.

Selama menjalankan tugas, dia berharap tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan proses verifikasi dapat berjalan sesuai dengan tahapan yang telah di tentukan. ’’Saya pribadi sering mengingatkan kepada anggota PPS agar berhati-hati dan teliti supaya dalam menunaikan kewajiban betul-betul dipahami,’’ terang dia.

Berdasarkan pantauan di lapangan, anggota PPS sibuk melakukan tugas dalam melakukan verifikasi administrasi. Salah seorang anggota PPS Daday, mengaku mulai sibuk. ’’Apalagi kalau verifikasi faktual itu harus datang ke rumah warga. Memasikan bahwa warga tersebut betul-betul mendukung karena memang dartanya ada,’’ terang dia.

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan upaya koordinasi dengan Panwas. ’’Apabila ada indikasi temuan menyimpang, melalui pencegahan preventif,’’ tutupnya. (aku/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan