Pengunjung Gemstone Festival Membludak

Peserta Datang dari Penjuru Indonesia

BANDUNG WETAN – Tak bisa disangkal, tren batu akik memang semakin populer. Buktinya, Gemstone Festival disambut meriah oleh pengunjung. Bahkan, dua jam sebelum acara resmi dibuka, pengunjung sudah menyesaki lokasi.

Gemstone Festival - bandung ekspres
BATU ALAM: Pedagang membereskan batu akik di acara Gemstone Festival, di Gedung RRI (24/2). Festival tersebut akan berlangsung hingga 5 Maret mendatang.

Festival yang rencananya digelar khusus untuk para perajin dari Jawa Barat ternyata diisi oleh peserta dari penjuru Indonesia. Seperti Aceh, Sumsel, dan Kalsel yang sudah menempati 110 dari 124 stand yang disediakan di Gedung RRI, Jalan Diponegoro.

Ketua Panitia Gemstone Festival Rudy mengaku, terkejut dengan antusiasme penggiat batu akik. ’’Belum diresmikan udah penuh,’’ katanya. Rudy juga mengatakan panitia akan menghadirkan bintang tamu seperti Ki Daus, Narzi, Dedi Dores, Raffi Ahmad, juga Doyok. ’’Kedatangannya (para bintang tamu) kejutan,’’ imbuh Rudy.

Selain pameran, nantinya panitia mengadakan kompetisi batu dan balai lelang. Kompetisi akan diadakan dalam tujuh kelas. Sudah lebih dari 200 batu yang didaftarkan untuk berkompetisi yang akan dimulai Minggu (1/3) mendatang. Peserta nantinya akan memperebutkan motor besar sebagai hadiah utama.

Pameran yang akan diselenggarakan hingga 10 hari ke depan ini menampilkan berbagai jenis batu istimewa. Salah satunya batu Panca Warna yang sudah memenangkan berbagai kompetisi nasional. Sriyono, penjual batu tersebut mengatakan, batu itu akan dijual bersama sertifikat juga piala yang sudah dimenangkan. ’’Dijual 500 ribu (500 juta),’’. Katanya.

Dia juga mengaku batu tersebut sudah mendapatkan sertifikat untuk mengikuti kompetisi perang bintang. Menurut dia, batu itu ditemukan di Garut pada tahun 1994. Menurut penuturannya, lokasi penemuan batu tersebut hingga saat ini masih diperebutkan oleh pihak asing. ’’Sampai sekarang masih berebut kalau mau nyari di situ,’’ ujarnya.

Selain Panca Warna, pria asal Garut ini juga menjual berbagai batu istimewa lain. Seperti, Panca Warna yang bermotif Globe, batu Triangle, dan batu-batu lain. Ketika disinggung masalah harga, dia hanya menyebut ’bakal fantastis’.

Acara tersebut mendapatkan apresiasi dari Kadisperindag Jabar Ferry Sofwan yang datang menggantikan Deddy Mizwar. Ferry mengatakan, geliat batu akik saat ini bisa mendongkrak ekonomi Jawa Barat. ’’Jawa Barat kaya akan hasil alam. Jika masyarakat mampu mengolahnya tentu akan menjadi keuntungan,’’ ujar dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan