Pemda Fokus Perbaiki Jalan

Gunakan Dana dari PLN Rp 24 M

NGAMPRAH – Pemrintah Daerah Kabupaten Bandung Barat akan terus menggenjot pembangunan infrastruktur jalan di 16 kecamatan di Kabupaten Bandung Barat. Salah satu fokusnya yakni soal perbaikan jalan untuk memberikan fasilitas yang nyaman kepada masyarakat Bandung Barat. Hal tersebut diungkapkan Bupati Bandung Barat, Abubakar kepada wartawan di Ngamprah, kemarin (16/2).

Menurut Abubakar, pembangunan lain sudah dilakukan, seperti pembangunan layanan Puskesmas dan fasilitas lainnya sudah rampung. Namun bila jalan masih banyak yang rusak, tentu hal itu belum dikatakan berhasil. ”Terkadang rumah sakit, Puskesmas dan lainnya sudah memadai. Namun, kalau jalan masih rusak tetap saja masyarakat banyak yang mempertanyakan kinerja Pemda,” ujarnya.

Bupati meminta kepada seluruh SKPD dan dinas terkait untuk menjalankan perbaikan sejumlah ruas jalan yang rusak. Termasuk perbaikan di wilayah selatan, seperti Jalan Sindangkerta-Gununghalu yang akan mulai diperbaiki pada Februari 2015, setelah PT Anten ditetapkan pemenang tender oleh PT PLN.

Dia menyatakan, alokasi anggaran yang disediakan dalam perbaikan jalan tersebut sebesar Rp24 miliar oleh PT PLN. ”Untuk pemenang tender sudah final pemenangnya PT Anten. Setelah adanya pemenang tender, perbaikan akan langsung dikerjakan dan ditargetkan akan mulus hingga Juni ke depan. Masyarakat harus mengetahui juga bahwa perbaikan jalan itu oleh PT Anten. Dinas Bina Marga hanya pengawasan saja,” katanya.

Dia mengakui, di tengah masyarakat memang setiap jalan rusak sasaran kepada jajaran Pemda. Padahal, kata bupati, untuk Jalan Sindangkerta-Gununghalu merupakan kewajiban PT PLN untuk memperbaiki jalan yang rusak. ”Laporan terakhir, saat ini sedang dilakukan uji bahan untuk perbaikan jalan oleh pihak ITB. Selain itu, tengah dilakukan pengecekan titik jalan,” ujarnya.

Dia menambahkan, PLN pada 5 Februari lalu sudah melakukan pengecekan ke lapangan untuk mengetahui sejumlah titik yang akan diperbaiki. ”Pengukuran di lapangan sudah dilakukan. Masyarakat diminta bersabar agar perbaikan jalan ini segera diperbaiki,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga Sindangkerta, Beben Baryana, 38, mengaku senang dengan rencana Pemda yang akan fokus terhadap pembangunan infrastruktur jalan terutama jalan-jalan yang rusak. ”Mudah-mudahan yang disampaikan bupati untuk memberikan jalan yang mulus dapat direalisasikan bagi kepentingan masyarakat,” bebernya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan