Pembangunan Jalan Saguling Mangkrak

[tie_list type=”minus”]Kontraktor Menghentikan Proyek Karena Tak Dibayar[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Perbaikan jalan Saguling sepanjang 16 kilometer mangkrak di akhir tahun. Bahkan, perbaikan jalan sudah berhenti sejak seminggu yang lalu. Perbaikan jalan yang dilakukan oleh PT Imemba Contractor selaku pihak kontraktor pelaksana proyek perbaikan jalan tersebut direncanakan akan kembali dikerjakan pada 2 Januari 2016.

Camat Saguling Iyep Tamchur Rachmat membenarkan, jika seminggu ini tidak ada pekerjaan pada proyek Saguling. Ia mendengar informasi, dihentikannya pekerjaan lantaran tidak dibayarnya dari pihak pemerintah kepada kontraktor sehingga pekerjaan di lapangan dibiarkan. ”Informasi memang tidak dibayar. Jadi, saat ini dibiarkan tanpa ada pekerjaan. Rencana dimulai kembali 2 Januari,” kata Iyep kepada wartawan kemarin (30/12).

Hingga akhir tahun ini, kata dia, pekerjaan jalan Saguling ini mencapai 10 kilometer dari Desa Bojonghaleuang hingga Desa Cipangeran tepatnya di dekat Kantor Kecamatan Saguling. Perbaikan 10 kilometer tersebut, lanjut dia, 2 kilometer di antaranya sudah di hotmix, 2 kilometer lainnya siap di-hotmix dan 6 kilometer siap dicor. ”Jadi belum sampai dibeton, karena pekerjaannya terhenti,” katanya.

Harapan masyarakat, kata dia, pekerjaan ini bisa diselesaikan dengan cepat. Apalagi, pekerjaan ini sudah berlangsung lama untuk kenyamanan dan rasa aman masyarakat. ”Memang masyarakat sudah menginginkan kondisi jalan yang nyaman dan aman. Tapi, hingga saat ini belum juga selesai,” ujarnya.

Menurut Iyep, dalam proses pembangunan jalan Saguling ini masyarakat sudah ikut membantu pemerintah dengan memberikan tanah mereka dalam perluasan jalan. Jika ditotal ada sekitar 3 hektare tanah masyarakat yang diberikan kepada pemerintah agar kondisi jalan semakin luas. ”Dari 3 hektare tersebut pemiliknya mencapai puluhan, Jadi, mereka mengharapkan pekerjaan bisa diselesaikan,” ungkapnya.

Saat dikonfirmasi melalui sambungan telpon Kepala Dinas Bina Marga Sumber Daya Air, Mineral dan Pertambangan KBB, Rachmat A. Syafaat tidak menjawab. Seperti diketahui, proyek jalan Saguling dianggarkan sebesar Rp 23,7 miliar untuk perbaikan sepanjang 16 kilometer yang menghubungkan Desa Cikande, Bojonghaleuang, Girimukti, Cipangeran, Saguling dan Desa Jati Kecamatan Saguling. (drx/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan