Pastikan Raskin Kualitas Baik

bandungekspres.co.id– Beras Miskin (raskin) regular untuk November akan segera didistribusikan. Untuk itu, Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Bandung Barat kembali memastikan raskin yang didistribusikan memiliki kualitas layak konsumsi. Menurut Kepala Kantor Ketahanan KBB Ade Sudiana, pemkab tidak ingin kecolongan lagi, pasalnya warga Bandung Barat mendapat raskin berkutu pada Oktober lalu. ”Kami akan benar-benar memastikan agar Bandung Barat tidak kembali menerima raskin jelek,” ucap Ade kepada Bandung Ekspres di Desa Sukajaya kemarin (10/11).

Dia menjelaskan, pengusutan raskin baru ditemukan pada September dan Oktobet melalui media. Dirinya baru mengetahui setelah membaca berita karena pihak Desa tidak membuat laporan. Pihaknya ingin agar para aparat desa tidak usah takut melaporkan.

Dia berharap, setelah media menemukan temuan raskin kualitas buruk, pihak desa bisa bekerjasama, minimalnya antara desa dan Kantor Ketahanan Pangan. ”Terima kasih kepada media yang telah melakukan pemantauan. Serta pantauan raskin jangan berhenti pada hari ini saja,” katanya.

Sementara itu, mengenai raskin yang digratiskan, saat ini hanya berlaku di Desa Mekarwangi, Kecamatan Lembang. Dia menjelaskan, selama ini desa tersebut dianggap mapan sehingga bisa membiayai raskin untuk warganya. Banyak usaha desa yang telah dikembangkan oleh pemerintah desa.

”Saya ingin seluruh desa juga melakukan hal tersebut. Bisa mengembangkan usaha desanya masing-masing. Serta bisa menggratiskan penjualan raskin,” katanya.

Di tempat yang sama, Satker Raskin Rahmat menurutkan, pihaknya akan akan menindak tegas apabila ditemukan penyusutan raskin. Saat ini, Satker berupaya bekerjasama dengan pihak ketiga. ”Selama ini memang tidak ada, bahkan hanya ditemukan di media saja,” ucapnya.

Pendistribusian raskin dalam sehari mencapai 140 ton. Menurutnya, saat ini ada tambahan armada pendistribusian sehingga dalam sehari bisa mencapai 160 ton. Akan tetapi, dalam pengirimannya tidak semua kecamatan sekaligus.

Memasuki musim penghujan, pihaknya menegaskan pendistribusian akan aman. Tidak akan ada pembusukan raskin akibat kehujanan. Pihaknya berupaya semaksimal mungkin. ”Insyaallah aman karena menunggu reda hujan,” ucapnya.

Berdasarkan pantauan pendistribusian di Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, tidak ada penyusutan raskin hingga tiga kilogram. Bahkan kualitas raskin cukup baik dan layak dikonsumsi. (mg5/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan