Panwaskab Bandung Gelar Rakor dan Evaluasi

[tie_list type=”minus”]Diikuti 155 Panwascam dan Sekretariat[/tie_list]

bandungekspres.co.id– Sebanyak 155 anggota panwas kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Bandung mengikuti rapat koordinasi (Rakor) dan evaluasi pengawasan pemilihan bupati dan wakil bupati Bandung di Baleendah, Rabu (23/12) lalu. Jumlah tersebut terdiri dari 93 komisioner panwascam dan 62 kesekretraiatan Panwascam se-Kabupaten Bandung.

Ketua Panwas kabupaten Bandung Ari Haryanto mengatakan, rakor dan evaluasi itu dilaksanakan seiring dengan telah dilaksanakan kegiatan Pilkada serentak. Khusus di kabupaten Bandung, Pilkada berlangsung aman dan sukses tanpa ekses.

”Dari hasil pengawasan yang kami lakukan ternyata Kabupaten Bandung merupakan salah satu daerah yang menyelengarakan pilkada dengan aman,” tutur Ari.

Dia mengatakan, indikator tentram itu sendiri terlihat dari tidak adanya gugatan dari pasangan calon yang kalah ke Mahkamah Konstitusi (MK). ”Untuk itu panwas yang telah mengawal Pilkada ini telah menjalankan tugasnya dengan baik. Kami bersyukur karena telah melaksanakan amanh undang-undang dengan baik,” tambahnya.

Ari mengatakan rakor tersebut dilaksanakan seiring dengan telah berakhirnya kegiatan pengawasan Panwaslu selama Pilkada. Karenanya seluruh komisioner Panwascam dan sekretariat se-Kabupaten Bandung yang hadir dalam evaluasi itu.

”Sesuai dengan tahapan Pilkada bahwa 22 Desember adalah penetapan pemenang Pilkada. Wajar kalau Panwas lantas melaksanakan rakor dan evaluasi ini,” tuturnya.

Dalam penetapan itu, KPU menetapkan bahwa pasangan   anggota Panwas lainnya yakni Ade dan Januar pun turut menyampaikan evaluasi kinerja Panwascam. Selama kegiatan pengawalannya Panwas dapat menjalankan kinerjanya sesuai dengan apa yang digariskan undang-undang serta Bawaslu Jawa Barat.

“Sehingga dalam pelaksanaan pengawasannya, kami dapat melakukannya dengan penuh rasa tanggung jawab dan professional. Kami mengucapkan terimakasih atas kinerja yang baik ini. Sehingga ke depan kita tak lagi ragu dalam menjalankan tugas, pokok dan fungsi sebagai panitia pengawas,” ujar anggota Panwas kabupaten Bandung Ade. (adv/gun/rie)

Tinggalkan Balasan