Panggil Dua, Pulangkan Sembilan

Bongkar Pasang Aji Santoso di Skuad Timnas U-23

JAKARTA – Pelatih Timnas U-23 Aji Santoso tidak mau mengambil risiko dengan performa tim besutannya saat tampil di Kualifikasi Piala AFC U-23, akhir Maret nanti. Dengan begitu, pria asal Malang, Jawa Timur ini terus melakukan bongkar pasang skuat Garuda Muda—julukan Timnas U-23. Dari total 30 pemain yang ikut dalam training center (TC) tahap kedua yang berlangsung di Sidoarjo, Aji telah mencoret sembilan pemain, dan memanggil dua pemain baru.

Sembilan pemain yang dipulangkan ke klub tersebut adalah Yogi Triana (kiper), Jajang Maulana, Mahdi Fahri Albaar (bek), Oktavianus Fernando, Nazarul Fahmi (gelandang), serta Ahmad Ihwan, Yogo Rahardian, Aldi Al Achya dan Joko Prayitno yang semuanya berposisi sebagai striker. Nah, sebagai gantinya, Aji memanggil dua pemain anyar, yaitu Sunny Hizbullah bek Persiba Bantul dan Muchlis Hadi Ning, striker PSM Makasar.

’’Ada banyak faktor yang membuat kami harus memulangkan begitu banyak pemain dari hasil TC di Sidoarjo. Selain masalah kualitas skil, faktor performa dari pemain juga menjadi salah satu penyebab utama,’’ ujar Aji Santoso, kemarin (26/2). ’’Pemain yang bertahan adalah mereka yang selama ini sudah setel dalam tim,’’ lanjutnya.

Dari hasil TC di tahap kedua yang berlangsung di Sidoarjo sejak awal Februari lalu, Aji lantas mengerucutkan tim besutannya menjadi 23 pemain. Rencananya, seluruh pemain tersebut akan kembali diboyong ke Jakarta menjalani TC tahap ketiga mulai 2 Maret, sebelum tampil di Kualifikasi Pala AFC U-22 di Jakarta pada 27-31 Maret mendatang.

Di mata Aji, seluruh pemain yang lolos ke TC tahap ketiga tersebut, semuanua sudah sesuai dengan kebutuhan tim. ’’Mereka semua sudah memenuhi 90 persen kerangka tim, karena satu dengan yang lain sudah saling setel. Jadi, kalau kami mencari pemain lain, paling tidak hanya untuk menjadi pelapis saja,’’ lanjut mantan pelatih Persebaya Surabaya itu.

Sementara itu, sekretaris Badan Tim Nasional (BTN) Sefdin Saefudin mengatakan, pemusatan latihan skuat Garuda Muda itu, tidak akan lagi dilakukan di lapangan Sawangan, Depok, Jawa Barat, seperti yang dilakukan pada TC sebelumnya. Nah, sebagai alternatifnya, Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan akan menjalani pemusatan latihan di Lapangan Sutasoma, Halim, Jakarta Timur. ’’TC akan berlangsung di sana,’’ tegas pria asal Surabaya itu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan