Miris, ABG Sudah Akrab dengan Miras

[tie_list type=”minus”]Jadi Pemicu Beragam Kehajatan[/tie_list]

bandungekspres.co.id – Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Angesta Romano Yoyol mengatakan, tindak pidana di kota Bandung didasari para pelakunya dalam keadaan mabuk minuman keras (Miras). Mirisnya, penegak miras tersebut umumnya merupakan remaja.

Pemusnahan Miras
FAJRI ACHMAD NF / BANDUNG EKSPRES
RIBUAN BOTOL: Polrestabes Bandung bersama Satpol PP melakukan pemusnahan minuman keras (Miras) oleh alat berat di Lapangan Palaguna, Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, kemarin (5/11).

”Dari pemicu balapan liar, pemerkosaan, kejahatan jalanan, itu semua pelakunya yang kita tangkap dalam keadaan mabuk. Sekitar 55 persenan kejahatan di kota Bandung didasari miras,” kata Yoyol usai pemusnahan belasan ribu miras di halaman Ex Gedung Palaguna, Jalan Asia Afrika, kemarin (5/11).

Yoyol mengatakan, kebanyakan dari pengonsumsi miras tersebut berasal dari anak-anak di bawah umur. ”Nanti juga kita lakukan tindakan kepada anak-anak yang dapati membeli atau mengonsumsi miras, akan kita laporkan ke pihak orang tuanya, kalau perlu untuk kita juga laporkan ke pihak sekolahnya untuk ditindak,” papar Yoyol.

Yoyol mengatakan pihaknya akan terus melakukan Operasi Antik Lodaya dan juga Operasi Cipta kondisi guna menekan angka penjualan miras di kota Bandung.

”Kita bersama SatPol PP juga telah melakukan penutupan terhadap tempat-tempat yang tidak berizin,” katanya.

Yoyol menjelaskan, kebanyakan dari tempat-tempat yang menjual miras tersebut, para pemilik menjual miras secara terbuka atau terang-terangan. ”Rata-rata kebanyakan masyarakat mendapatkan miras ini dari cafe-cafe dan juga warung-warung pinggiran,” kata Yoyol.

Adapun yang menjadi target dari polisi, Yoyol mengatakan yang tidak sesuai kadar alkoholnya dan juga tidak jual pada tempatnya serta tidak memiliki izin untuk menjual minuman beralkohol.

Tercatat, sebanyak 19.785 ribu botol miras dari berbagai golongan di musnahkan Polrestabes Bandung beserta jajaran dan juga oleh Sat Pol PP kota Bandung.

Yoyol mengatakan, belasan ribu miras tersebut merupakan hasil operasi Antik Lodaya 2015 dan operasi Cipta Kondisi Polrestabes Bandung beserta jajaran. ”Hasil razia Dari bulan Januari Hingga Bulan November ini kita amankan sebanyak 10.335 botol miras itu dari hasil Polres/Sat Narkoba. Ada 4.450 ribu botol miras dari jajaran Polres di wilayah Polrestabes Bandung, dan sebanyak 5.000 dari Satpol PP kota Bandung,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan