Minta Fans Tak Teror Moreno

Hector Moreno tidak hanya menghadapi eks rekan setimnya Memphis Depay maupun grafik penampilan Manchester United yang tengah menanjak pada pekan ini. Teror fans United yang memenuhi Old Trafford pun juga harus siap diterimanya.

Semua itu merupakan buah dari kebrutalannya ketika menekal bek kiri United Luke Shaw di menit 24 kala PSV menang 15 September lalu. Tekel itu membuat Shaw mengalami patah tulang kaki di dua tempat sehingga tim medis harus menggunakan oksigen kepadanya.

Imbasnya, Shaw pun menangis di ruang ganti ketika mengetahui bahwa dirinya tidak bisa tampil sepanjang musim bersama United akibat cedera tersebut. Hujatan pun mengalir deras kepada Moreno.

Meskipun bek timnas Meksiko berusia 27 tahun itu telah menyampaikan permintaan maaf sehari setelahnya, hal itu tak lantas membuat dia bebas teror ketika berjibaku dengan Setan Merah, julukan United, dinihari nanti.

Menyikapi hal itu, Manajer United Louis van Gaal pun mengatakan bahwa fans United sebaiknya bisa memberikan perlakuan yang layak kepada Moreno. Pelatih asal Belanda itu membela Moreno dengan mengatakan eks bek Espanyol itu tidak berusaha mencederai Shaw.

’’Itu memang tekel yang mengerikan. Namun, aku tidak melihat bahwa Moreno melakukannya dengan sengaja,’’ ungkap Van Gaal seperti dilansir Daily Mirror. ’’Tujuan dari duel itu adalah bola dan bukannya kaki. Walaupun dari apa yang kami lihat, tekel itu tidak hanya mengenai bolanya. Hal itu lumrah terjadi di sepakbola dan sayangnya terjadi pada Shaw,’’ paparnya.

Meski demikian, Van Gaal tidak bisa menyembunyikan kegusarannya karena wasit Nicola Rizzoli yang memimpin tidak memberikan kartu merah kepada Moreno ataupun penalti. ’’Inilah aturannya. Jadi tidak yang bakal mengatakan kepadaku itu bukan penalti atau itu adalah tekel kejam. Itu memang kejam. Namun, tujuannya adalah bola,’’ papar pelatih berjuluk Si Tulip Besi tersebut.

Lebih lanjut, Van Gaal mengatakan bakal melakukan aktivitas di bursa transfer musim dingin Desember mendatang. Targetnya jelas; bek kiri yang saat ini hanya menyisakan Marcos Rojo.

’’Aku sempat yakin bahwa Shaw bakal menjalani musim yang mengagumkan. Karena itulah aku tidak membeli bek kiri karena aku mengira dia bakal bermain dalam setiap pertandingan. Namun, tampaknya aku harus mengubahnya,’’ tandasnya. (apu/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan