Mia San Guardiola

[tie_list type=”minus”]Mueller Akan jadi Korban Selanjutnya[/tie_list]
MUENCHEN – Kehilangan dua pemain yang dianggap penting dalam dua musim secara beruntun menjadi catatan kurang bagus Bayern Muenchen di tangan Josep Guardiola. Itu yang kemudian memantik reaksi kekecewaan dari fans Die Roten, terutama pasca Bastian Schweinsteiger dilepas ke Manchester United, Sabtu malam lalu (11/7).
Schweini dilepas ke United setelah 17 tahun bersama public Bavaria dengan nominal fee sekitar GBP 12 juta, atau setara dengan Rp 247,48 miliar. Dengan sisa kontrak yang masih tersisa semusim, Schweini akan bergabung United dengan durasi hingga tiga musim ke depan.
Lepasnya Schweini ini menjadi kehilangan kedua dari fans Bayern. Musim lalu, ingatan mereka masih belum kering usai ditinggalkan salah satu attacking midfielder-nya, Toni Kroos. Pemain 25 tahun tersebut dilepas ke Real Madrid dengan transfer fee sebesar GBP 21 juta (Rp 433,09 miliar).
Makanya, sepanjang akhir pekan kemarin pro kontra kebijakan Bayern melepas kapten Die Mannschaft, sebutan timnas Jerman, itu. ”Schweinsteiger harus bertahan”, atau ”Pro Swheinsteiger” banyak disuarakan fans Bayern di dunia maya. Itu sebagaimana dilansir dari IANS.
Tidak hanya itu, beberapa surat kabar di Jerman pun menunjukkan reaksinya begitu Schweini dinyatakan resmi dilepas ke United. Surat kabar harian Suedduetsche Zeitung memberikan judul pada cover halaman depannya dengan kalimat ”Bayern menggantungkan rencana masa depannya pada pelatih yang tidak tahu bagaimana langkah klub sebelumnya.”
Sasarannya jelas, mereka mengkritik kebijakan Guardiola. Apalagi, lepasnya dua pemain idola publik Jerman ini juga terjadi di era mantan pelatih Barcelona tersebut. Pantas saja jika salah satu majalah olahraga, Magazine Focus, sampai memberikan judul ”Mia san Guardiola” pada headline-nya.
Judul tersebut merupakan plesetan slogan klub pemilik Allianz Arena itu, Mia san mia. Kami adalah kita, begitu kira-kira terjemahan dari slogan tersebut. Sedangkan Mia san Guardiola, artinya kami adalah Guardiola. Atau lebih berarti Bayern tergantung dengan Guardiola.
Fans Bayern khawatir kedatangan Guardiola akan mengikis habis para penggawa timnas Jerman di tim tersebut. Sekedar catatan, sejak Piala Dunia 2010, Euro 2012 hingga Piala Dunia 2014 silam, klub juara bertahan Bundesliga itu menyumbang rata-rata tujuh hingga delapan pemain.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan