Mengejar Guardiola

Barcelona v Levante

BARCELONA – Performa Barcelona terus melesat. Sepuluh kemenangan beruntun di semua ajang telah ditorehkan anak asuh Luis Enrique itu. Nah, laga menjamu Levante di Camp Nou malam nanti (tayangan langsung RCTI pukul 23.00 WIB), bakal menjadi momentum bersejarah bagi Enrique.

Jika berhasil mengalahkan Levante, Enrique akan menyamai rekor 11 kali kemenangan beruntun yang dibukukan Pep Guardiola pada musim 2008-2009. Itu merupakan musim perdana Guardiola. Pada musim pertamanya, Guardiola langsung membawa Barca memenangi tiga gelar juara alias treble winners. Antara lain Primera Division, Liga Champions, dan Copa del Rey.

Kemenangan-kemenangan Barca memang sangat meyakinkan. Andres Iniesta dkk mencetak 37 gol alias 3,7 gol perpertandingan. Jadi di atas kertas, Barca akan mudah untuk membekuk Levante.

Apalagi secara head to head, Barca memang lebih superior di bandingkan dengan Les Granotes. Dalam 15 kali pertemuan di Primera Division, Barca menang 11 kali dengan 4 laga berakhir imbang. Bahkan, pada pertemuan pertama musim ini di Ciutat de Val’ncia, September lalu, Barca sukses menggulung Levante dengan skor telak 5-0.

Lionel Messi kembali menjadi perhatian utama dalam pertandingan ini. Dalam 10 laga terakhir di semua kompetisi, La Pulga mencetak 11 gol. Messi akan menjadi kunci untuk membantu Barca kembali meraih kemenangan meyakinkan.

Bagi Messi laga ini juga spesial. Inilah laga ke-300 nya di Primera Division. Kapten Tim Nasional Argentina ini mencetak 266 gol di kasta tertinggi sepak bola Spanyol, sejak melakukan debut pada 2004.

Dengan Neymar dan Luis Suarez di lini depan, Barca memiliki trio yang paling menakutkan saat ini di Eropa. ”Lionel Messi adalah yang terbaik. Saya tidak tahu apakah nanti Neymar melewatinya suatu hari. Namun, yang jelas mereka adalah dua dari lima pemain terbaik di dunia saat ini,” kata bek tengah Barca Gerard Pique kepada Cadena Cope.

”Messi adalah salah seorang sosok yang paling penting dalam karir saya. Sebab saat saya meraih semuanya yang saya menangkan, saya harus berterima kasih kepadanya sebagai manusia. Dia adalah nomor 10 dan saya bisa mengatakan bahwa Messi sangat berpengaruh,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan